get app
inews
Aa Read Next : Polda Jabar Gelar Olah TKP Penemuan Mayat di Kota Banjar, Ini Temuan Terbaru

50 Orang Tua Siswa di Bandung Tertipu Modus Pendidikan dan Study Tour ke China, Korban Lapor Polisi

Jum'at, 14 Juli 2023 | 14:30 WIB
header img
50 Orang Tua Siswa di Bandung Tertipu Modus Pendidikan dan Study Tour ke China, Korban Lapor Polisi. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsTasikmalaya.id – Puluhan orang tua siswa dari tingkat SMP, SMA hingga mahasiswa di Bandung tertipu modus pendidikan dan study tour ke China. Para korban dugaan penipuan modus study tour itu pun melaporkan terduga pelaku penipuan yakni seorang perempuan yang berprofesi sebagai guru ke Polda Jabar, Kamis (13/7/2023).

Melansir dari iNewsJabar.id, terlapor atau terduga pelaku menipu puluhan korban dengan modus pendidikan, study tour, dan perlindungan siswa di China. Para korban mengalami kerugian yang variatif, ada yang puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Namun, total kerugian dari para korban ditaksir mencapai lebih dari Rp5 miliar.

Salah seorang korban, Rosi, mengatakan, dia bersama orang tua korban lainnya datang ke Polda Jabar untuk melaporkan oknum guru terkait dengan aksi dugaan penipuan dan penggelapan uang.

Menurut Rosi, dirinya telah menyetorkan uang sebesar Rp400 juta kepada terlapor untuk dana pendidikan anaknya di China. Namun, uang tersebut bukannya digunakan untuk keperluan anaknya yang sedang sekolah di China tapi malah digunakan untuk memenuhi keperluan pelaku.

“Kami diajak program sekolah di China. Sistemnya deposit. Kami simpan uang di terduga pelaku untuk keperluan anak kami. Nanti diurus semua. Nyatanya, uang kami diselewengkan,” kata Rosi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut