get app
inews
Aa Read Next : Berkolaborasi dengan PWI Tasikmalaya, Katar Desa Cihaur Manonjaya Gelar Bimtek Literasi Media

4 Perahu Nelayan di Dermaga Pamayangsari Tasikmalaya Karam Diterjang Gelombang Tinggi

Kamis, 06 Juli 2023 | 17:30 WIB
header img
Empat Perahu Nelayan di Dermaga Pamayangsari Tasikmalaya Karam Diterjang Gelombang Tinggi. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Gelombang tinggi menerjang kawasan pesisir laut selatan Tasikmalaya. Akibatnya banyak perahu yang diparkir di Dermaga Pamayangsari, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, mengalami kerusakan dan karam.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya Dedi Mulyadi, mengatakan, akibat gelombang tinggi, sebanyak empat perahu di Dermaga Pamayangsari rusak parah akibat karam dan bertabrakan dengan perahu lain.

“Ada empat perahu yang rusak karena tempatnya (dermaga) kecil. Sementara gelombangnya besar. Perahu di sini bergesekan dengan perahu lain. Otomatis bocor dan karam," kata Dedi, Kamis (6/7/2023).

Menurutnya, para nelayan pun merugi lantaran mesin perahunya juga mengalami kerusakan. Dari empat perahu yang rusak, tiga mesinnya tak bisa diselamatkan. Sementara, satu mesin perahu berhasil diamankan saat gelombang tinggi menerjang.

"Perahu-perahu yang rusak ini mesinnya juga ikut rusak. Dari empat perahu yang rusak, cuma satu mesin yang aman karena si pemiliknya langsung mengamankan mesin perahunya," ucapnya.

Lanjut dia, kondisi gelombang tinggi di laut selatan Tasikmalaya ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Dengan kondisi itu, otomatis para nelayan tak bisa melaut.

“Ini terjadi sudah 2 mingguan. Gelombangnya tinggi, bahaya kalau melaut. Jadi, para nelayan di sini gak berani pergi (melaut),”tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut