get app
inews
Aa Read Next : Warga Tasikmalaya Wajib Datang Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Bale Kota

Tekan Inflasi Jelang Hari Raya Idul Adha 2023, Pemkot Tasikmalaya Gelar Gerakan Pangan Murah

Senin, 26 Juni 2023 | 17:36 WIB
header img
Tekan Inflasi Jelang Hari Raya Idul Adha 2023, Pemkot Tasikmalaya Gelar Gerakan Pangan Murah. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di depan Gelora Sukapura, Kelurahan Nagarawangi, Kecamatan Cihideung, Senin (26/6/2023).

GPM yang diprakarsai Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan (DKP3) Kota Tasikmalaya ini akan berlangsung selama 2 hari, dari Senin (26/6/2023) dan Selasa (27/6/2023).

Gerakan Pangan Murah yang bertujuan untuk menstabilkan harga-harga kebutuan pokok jelang Hari Raya Idul Adha 2023 ini dibukan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.

Berbagai kebutuhan pokok ada di sini. Seperti beras, bawang merah, bawang putih, cabai, sayuran, daging ayam ras, daging sapi, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, gas elpiji, dan produk olahan lainnya. Harga di GPM ini tentunya lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar.

"Yang pertama dengan GPM ini kita ingin mengendalikan inflasi, karena harga beberapa komoditas tinggi. Oleh karena itu, kita perlu mengendalikan inflasi termasuk juga memberdayakan para petani yang ada di Kota Tasikmalaya," kata Cheka.

Menurutnya, GPM serentak dilaksanakan di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Indonesia. Tujuannya untuk mengendalikan inflasi agar harga pangan tetap stabil dan terjangkau oleh masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

"Untuk harga di pasar jelang Idul Adha ini, kemarin pas dicek ada kenaikan. Namun belum begitu signifikan. Nanti kita akan kembali lagi mengecek setiap harinya," ucapnya.

Cheka menuturkan, guna mengendalikan  inflasi di Kota Tasikmalaya yang terbilang masih tinggi, pihaknya akan mengusulkan sebuah program BUMD Pangan ke dprd untuk memastikan pasokan tetap aman terkendali.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut