get app
inews
Aa Read Next : Open Bidding Jadi Alasan Ruhimat Berencana Maju dalam Pilkada Kota Banjar 2024

Wow Jutaan Lowongan CPNS 2023 Tersedia, Simak Penjelasan Menpan RB

Selasa, 13 Juni 2023 | 21:05 WIB
header img
Lowongan CPNS 2023. Foto: Ist

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id –  Ribuan formasi CPNS telah ditetapkan pada rekrutmen tahun anggaran 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas usai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Azwar Anas menyebutkan, kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2023 ini mencapai 1.030.751 orang.

“Masih ada beberapa instansi dengan surat yang sudah kita kirim tetapi mereka belum juga mengirim usulan untuk formasi CPNS di 2023. Dan total yang akan kita rekrut sementara ada 1.030.000 orang di 2023," ujar Azwar dilansir dari Inews Karanganyar, Selasa (13/6/2023).

Lalu formasi CPNS apa saja yang dibuka pada tahun 2023? Azwar menyebutkan, total 1 juta lebih rekrutmen tersebut sebanyak 80% diperuntukkan untuk Non- ASN atau tenaga honorer. Sementara 20% untuk fresh graduate.

“Untuk fresh graduate kami utamakan yang talenta digital. nanti yang fresh graduate ini kriterianya akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang memang dibutuhkan oleh Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia," ucap Azwar.

Azwar menyebut bahwa angka 1 juta tersebut baru usulan dari beberapa Kementerian/Lembaga. Dan ada beberapa Kementerian/Lembaga yang belum mengusulkan.

"Baru usulan berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga. Kecuali ada beberapa Kementerian/Lembaga yang belum sempat mengusulkan," jelas Azwar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut