Logo Network
Network

Waspada Potensi Bencana Hydroemeteorologi, BPBD: Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang

Heru Rukanda
.
Senin, 10 Januari 2022 | 17:37 WIB
Waspada Potensi Bencana Hydroemeteorologi,  BPBD: Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang
Waspada Potensi Bencana Hydroemeteorologi, BPBD: Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, iNews.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya meminta masyarakat untuk bergotong royong melakukan pemangkasan apabila di lingkungannya ada pohon yang memang dikhawatirkan tumbang.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar Surahman mengatakan, potensni pohon tumbang masih mungkin terjadi berkaitan dengan cuaca ektrem. Pohon tumbang termasuk salah satu bencana yang disebabkan oleh bencana hydrometeorology.

“Saya minta masyarakat kalau melihat ada pohon yang berpotensi tumbang agar bergotong royong melakukan pemangkasan,” ujar Ucu, Senin (10/1/2022).

Menurut dia, kejadian pohon tumbang di Kota Tasikmalaya rata-rata terjadi di jalan nasional di mana pohon-pohon yang tumbuh di pinggir jalan sudah tua dan kurangnya pemeliharaan dan perawatan.

“Sebetulnya kita sudah melakukan mitigasi. Kita sudah sampaikan kepada yang berwenang tapi ketika eksekusi tidak dilakukan itu sudah di wilayah dinas tertentu apalagi di jalan nasional,” kata dia.

“Maka sejatinya pihak jalan nasional melakukan pemeliharaan dan investigasi serta identifikasi pohon mana saja yang seharusnya dieksekusi atau dipelihara dan pemangkasan,” sambungnya.

Dikatakan Ucu, ancaman potensi bencana hydrometeorologi besar kemungkinan terjadi karena fenomena alam. Pihaknya sudah memperkirakan bahwa kejadian bencana alam pohon tumbang ini akan terjadi apabila pohon-pohon tua tidak dipelihara.

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.