get app
inews
Aa Read Next : Ini Daftar Juara Sayembara Desain Maskot dan Jingle Pilkada Kota Tasikmalaya 2024

10 SMA Unggulan di Tasikmalaya, Kualitas Terbaik dengan Fasilitas Lengkap

Senin, 29 Mei 2023 | 09:38 WIB
header img
Gedung Kampus SMAN 1 Tasikmalaya, Jalan Rumah Sakit Umum Nomor 28, Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

BANDUNG, iNewsTasikmalaya.id – Inilah deretan SMA unggulan di Tasikmalaya dengan kualitas terbaik dan memiliki fasilitas lengkap, menarik untuk dibahas. Tasikmalaya mendapat julukan Kota Santri lantaran banyak berdiri pondok pesantren (ponpes).

Banyak santri dari berbagai daerah yang menimba ilmu agama di kota ini. Selain lembaga pendidikan berbasis agama Islam, di Kota Tasikmalaya juga banyak terdapat sekolah umum yang berkualitas dengan memiliki fasilitas sangat lengkap.

SMA unggulan di Kota Tasikmalaya selain berakreditasi A juga masuk dalam 1.000 sekolah terbaik peraih nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tinggi. Dirilis dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), menyatakan terdapat tiga SMA di Kota Tasikmalaya yang meraih nilai UTBK tinggi pada 2022.

Namun, bukan berarti SMA lain, baik negeri maupun swasta di Kota Tasikmalaya, tidak mumpuni dalam bidang akademik. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 10 SMA terbaik di Kota Tasikmalaya.

SMA Unggulan di Tasikmalaya

1. SMAN 1 Tasikmalaya

SMAN 1 Tasikmalaya merupakan sekolah menengah atas (SMA) unggulan terakreditasi A. Laman LTMPT merilis, pada 2022, nilai total UTBK yang diraih para siswa SMAN 1 Tasikmalaya sebesar  528,805.

Dengan raihan itu, SMAN 1 Tasikmalaya berada di ranking 95 se-Jawa Barat. Sedangkan di tingkat nasional, SMAN 1 Tasikmalaya di ranking 572

SMA yang berkampus di Jalan Rumah Sakit Umum Nomor 28, Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya ini berdiri pada 14 Juli 1956.

2. SMA AL MUTTAQIN 

SMA Al Muttaqin adalah sekolah swasta dengan motor Bertaqwa Unggul Berprestasi. Pada 2022, SMA Al Muttaqin meriah nilai UTBK 519,152.

Di tingkat nasional, SMA Al Muttaqin berada di ranking 803. Sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Barat, SMA Al Muttaqin di ranking 141. 

SMA ini merupakan sekolah unggulan dan terakreditasi A. Sekolah yang menerapkan sistem boarding school ini memiliki fasilitas lengkap dari perpustakaan, laboratorium komputer, sarana olahraga dan kesenian, serta masjid.

SMA Al Muttaqin berkampus di Jalan A Yani Nomor 140, Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut