get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Senin 13 Mei 2024: Siang Hari Berawan

10 SMA Unggulan di Tasikmalaya, Kualitas Terbaik dengan Fasilitas Lengkap

Senin, 29 Mei 2023 | 09:38 WIB
header img
Gedung Kampus SMAN 1 Tasikmalaya, Jalan Rumah Sakit Umum Nomor 28, Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

BANDUNG, iNewsTasikmalaya.id – Inilah deretan SMA unggulan di Tasikmalaya dengan kualitas terbaik dan memiliki fasilitas lengkap, menarik untuk dibahas. Tasikmalaya mendapat julukan Kota Santri lantaran banyak berdiri pondok pesantren (ponpes).

Banyak santri dari berbagai daerah yang menimba ilmu agama di kota ini. Selain lembaga pendidikan berbasis agama Islam, di Kota Tasikmalaya juga banyak terdapat sekolah umum yang berkualitas dengan memiliki fasilitas sangat lengkap.

SMA unggulan di Kota Tasikmalaya selain berakreditasi A juga masuk dalam 1.000 sekolah terbaik peraih nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tinggi. Dirilis dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), menyatakan terdapat tiga SMA di Kota Tasikmalaya yang meraih nilai UTBK tinggi pada 2022.

Namun, bukan berarti SMA lain, baik negeri maupun swasta di Kota Tasikmalaya, tidak mumpuni dalam bidang akademik. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 10 SMA terbaik di Kota Tasikmalaya.

SMA Unggulan di Tasikmalaya

1. SMAN 1 Tasikmalaya

SMAN 1 Tasikmalaya merupakan sekolah menengah atas (SMA) unggulan terakreditasi A. Laman LTMPT merilis, pada 2022, nilai total UTBK yang diraih para siswa SMAN 1 Tasikmalaya sebesar  528,805.

Dengan raihan itu, SMAN 1 Tasikmalaya berada di ranking 95 se-Jawa Barat. Sedangkan di tingkat nasional, SMAN 1 Tasikmalaya di ranking 572

SMA yang berkampus di Jalan Rumah Sakit Umum Nomor 28, Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya ini berdiri pada 14 Juli 1956.

2. SMA AL MUTTAQIN 

SMA Al Muttaqin adalah sekolah swasta dengan motor Bertaqwa Unggul Berprestasi. Pada 2022, SMA Al Muttaqin meriah nilai UTBK 519,152.

Di tingkat nasional, SMA Al Muttaqin berada di ranking 803. Sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Barat, SMA Al Muttaqin di ranking 141. 

SMA ini merupakan sekolah unggulan dan terakreditasi A. Sekolah yang menerapkan sistem boarding school ini memiliki fasilitas lengkap dari perpustakaan, laboratorium komputer, sarana olahraga dan kesenian, serta masjid.

SMA Al Muttaqin berkampus di Jalan A Yani Nomor 140, Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya.

3. SMAN 2 Tasikmalaya

SMAN 2 Tasikmalaya merupakan sekolah unggulan. Pada 2022, LTMPT merilis SMAN 2 Tasikmalaya meraih total nilai UTBK 515,527.

Dengan raihan itu, SMAN 2 Tasikmalaya berada di ranking 919 nasional. Sedangkan di Provinsi Jawa Barat, SMAN 2 Tasikmalaya berada di peringkat 171

Sekolah negeri berakreditasi A ini berdiri pada 1 November 1975 sesuai dengan SK Mendikbud Nomor 018/01/1976 status kelas jauh SMAN 2 tasikmalaya berubah menjadi SMAN 2 Tasikmalaya.

Kampus sekolah ini beralamat di Jalan RE Martadinata Nomor 261, Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya.

4. SMAN 3 Tasikmalaya

SMAN 3 Tasikmalaya menjadi satu dari sekian sekolah unggulan yang jadi dambaan para siswa kelas 3 SMP di Kota Tasikmalaya.

Mereka berusaha sekuat tenaga belajar agar meraih nilai terbaik agar bisa diterima di sekolah favorit yang berdiri pada 1 Juli 1984 ini.

Walaupun pada 2022, SMAN 3 Tasikmalaya tidak masuk 1.000 sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK yang dirilis LTMPT, tetapi sekolah ini memiliki kualitas mumpuni baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

SMAN 3 Tasikmalaya terakreditasi A memiliki fasilitas lengkap yang dibutuhkan para siswa untuk mengembangkan potensi diri. Sekolah ini berkampus di Jalan Letkol Basir Surya Nomor 89, Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya.

5. SMAN 4 Tasikmalaya

SMAN 4 Tasikmalaya merupakan sekolah unggulan dan favorit di Kabupaten Tasikmalaya. Sekolah ini resmi beroperasi sebagai institusi pendidikan pada tahun ajaran 1983/1984.

Sebagai sekolah berakreditasi A, SMAN 4 Tasikmalaya dilengkapi berbagai fasilitas penunjang pendidikan yang memadai.

Sekolah ini berkampus di Jalan Letnan Kolonel RE Jaelani, Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

6. SMAN 5 Tasikmalaya

SMAN 5 Tasikmalaya mengusung moto, "Berkeunggulan, Berprestasi, Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan".

Sekolah unggulan dan favorit di Tasikmalaya ini berlokasi strategis di Jalan Tentara Pelajar Nomor 58, Nagarawangi, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Sekolah berakreditasi A ini resmi berdiri pada 15 Juli 1991. Pada tanggal tersebut merupakan hari jadi SMAN 5 Tasikmalaya.

7. SMAN 6 Tasikmalaya

SMAN 6 Tasikmalaya, termasuk sekolah unggulan di Tasikmalaya. Sekolah ini berkampus strategis di Jalan Cibungkul Nomor 6, Sukamajukaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya.

SMA negeri berakreditasi A ini berdiri pada 1987. Selain dilengkapi fasilitas pendidikan memadai, SMAN 6 Tasikmalaya merupakan satu dari sekian sekolah favorit yang jadi tujuan para siswa kelas 3 SMP di Tasikmalaya melanjutkan pendidikan.

8. SMAN 7 Tasikmalaya

SMA 7 Tasikmalaya berkampus di Jalan Air Tanjung Nomor 25, Talagasari, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya.

Sekolah berakreditasi A ini pun salah satu favorit dan unggulan di Kota Tasikmalaya. Setiap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), SMAN 7 Tasikmalaya selalu menjadi incaran para lulusan SMP.

9. SMAN 8 Tasikmalaya

SMAN 8 Tasikmalaya berdiri pada tahun 2000 berdasarkan SK Nomor 217/O/2000. Sekolah ini berakreditasi A dan memiliki fasilitas lengkap.

Kampus SMAN 8 Kota Tasikmalaya berada di Jalan Mulyasari Nomor 03, Mulyasari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya.

10. SMA Muhammadiyah Tasikmalaya

SMA Muhammadiyah Tasikmalaya, merupakan sekolah swasta yang dikelola Yayasan Pendidikan Muhammadiyah.

Sekolah berakreditasi A ini mengusung motto, "Religius Terampil, dan Berprestasi". SMA Muhammadiyah Tasikmalaya merupakan sekolah favorit para siswa kelas 3 SMP untuk melanjutkan pendidikan.

Kampus SMA Muhammadiyah Tasikmalaya berada di Jalan Rumah Sakit Nomor 29, Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

Demikianlah 10 SMA unggulan di Tasikmalaya yang memiliki kualitas terbaik dengan fasilitas lengkap.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul "SMA Terbaik di Tasikmalaya, Berkualitas dengan Fasilitas Lengkap"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut