Logo Network
Network

Vaksin Booster Covid-19 untuk Masyarakat Mulai 12 Januari 2022, Ini Syaratnya!

Heru Rukanda
.
Rabu, 05 Januari 2022 | 11:15 WIB
Vaksin Booster Covid-19 untuk Masyarakat Mulai 12 Januari 2022, Ini Syaratnya!
Vaksin Booster Covid-19 untuk Masyarakat Mulai 12 Januari 2022, Ini Syaratnya! (Foto: ilustrasi/Ist)

TASIKMALAYA, iNews.id - Vaksinasi booster Covid-19 untuk masyarakat umum akan mulai dilakukan Pemerintah Indonesia pada 12 Januari 2022. 

Keputusan pemerintah untuk pemberian vaksinasi booster Covid-19 bagi masyarakat tersebut disampaikan Menteri Kesehatan (menkes) Budi Gunadi Sadikin usai rapat terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Senin (3/1/2022).

Menkes mengatakan, vaksinasi booster Covid-19 ini akan diberikan untukngolongan dewasa dengan usia di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Di samping itu, vaksinasi booster ini juga akan diberikan kepada kabupaten dan kota yang telah memenuhi kriteria vaksinasi Covid-19. 

Diketahui, vaksinasi booster ini baru akan bisa diberikan kepada masyarakat apabila suatu kabupaten atau kota telah sukses menyuntikan 70 persen vaksinasi dosis pertama dan sebanyak 60 persen vaksinasi dosis kedua.  

“Jadi hingga sekarang ada 244 kabupaten dan kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut,” ujar Menkes Budi, dalam penjelasannya yang disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden. 

Dikatakan menkes, vaksinasi booster Covid-19 ini pun baru bisa diberikan kepada mayarakat dengan jangka waktu di atas 6 bulan sesudah menerima dosis kedua. 

Saat ini pemerintah sudah mengidentifikasi terdapat 21 juta sasaran di Januari 2022 yang sudah masuk ke kategori tersebut. Sementara jenis boosternya akan ditentukan.  

“Ada yang homolog atau jenis boosternya sama ada yang heterolog jenis vaksinnya berbeda. Mudah-mudahan bisa segera diputuskan pada 10 Januari 2022 setelah rekomendasi dari ITAGI dan BPOM,” tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini