get app
inews
Aa Read Next : Inilah 10 Gejala Omicron XBB dan Pencegahannya, Anda Wajib Tahu

Vaksinasi Booster Diusulkan Jadi Syarat Perjalanan, Cegah Penularan Virus Covid-19 Varian Baru

Rabu, 15 Juni 2022 | 17:04 WIB
header img
Vaksinasi Booster Diusulkan Jadi Syarat Perjalanan, Cegah Penularan Virus Covid-19 Varian Baru. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda).

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mengusulkan agar vaksinasi booster dijadikan syarat kembali untuk para pelaku perjalanan. Hal tersebut guna mengantisipasi dan pengendalian pandemi Covid-19, terlebih dengan munculnya varian baru turunan dari virus Omicron yakni varian BA.4 dan BA.5.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Asep Hendra Hendriana mengatakan, vaksinasi booster sebagai syarat perjalan terbukti efektif mencegah penularan Covid-19, seperti halnya yang dilakukan pada saat arus mudik lebaran.  

“Vaksinasi booster sangat efektif sebagai syarat mudik. Ini harus diperhitungkan kembali oleh pemerintah pusat,” ujar Asep, Rabu (15/6/2022).

Ia menuturkan, sejauh ini memang ada penurunan dari mulai testing sampai vaksinasi. Hal tersebut lantaran vaksinasi booster sudah tidak diberlakukan sebagai syarat perjalanan.

Kendati demikian, dikatakan Asep, pihaknya tetap melakukan testing dan vaksinasi seperti di pusat-pusat perbelanjaan (mall) dan puskesmas.

“Kita tetap aktif melakukan vaksinasi booster di mall atau ruang publik. Untuk testing setiap hari itu targetnya 400 orang, tapi memang belum sampai ke target. Itu karena vaksin booster tak lagi jadi syarat perjalanan,” kata Asep.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut