get app
inews
Aa Read Next : Inilah 10 Gejala Omicron XBB dan Pencegahannya, Anda Wajib Tahu

Kota Tasikmalaya Masuk PPKM Level 1, Dinkes: Vaksinasi Terus Digencarkan

Selasa, 04 Januari 2022 | 17:58 WIB
header img
Kota Tasikmalaya Masuk PPKM Level 1, Dinkes: Vaksinasi Terus Digencarkan. (Foto:iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda).

TASIKMALAYA, iNews.id - Kota Tasikmalaya saat ini masuk level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Peningkatan level PPKM dari level 2 menjadi level 1 ini berkat hasil capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang sudah di atas 70 persen dan capaian vaksinasi Covid-19 bagi lansia yang telah mencapai target di atas 60 persen. 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Kota Tasikmalaya dokter Asep Hendra Hendriana mengatakan, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 01 Tahun 2022 tentang PPKM level 3, level 2 dan level 1 Covid-19 di wilayah Jawa - Bali. 

"Alhamdulillah tercapai level satu dengan sinergjtas dari seluruh unsur forkopimda dan masyarakat. Hari ini kita sudah masuk PPKM level 1," ujar Asep, Selasa (4/1/2022).

Dikatakan dia, berdasarkan keterangan para ahli bahwa untuk melindungi dan mencegah penyebaran Covid-19 cara yang dilakukan saat ini adalah dengan vaksinasi, di samping penerapan protokol kesehatan (prokes). 

"Untuk saat ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran dan melindungi masyarakat hanya dengan cara vaksinasi," kata dia. 

"Kita akan terus gencarkan vaksinasi dan ini harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat," sambung Asep. 

Disinggung soal ada tidaknya peningkatan kasus dampak dari libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Asep mengatakan sejauh ini belum terlihat dampak dari libur Nataru. 

"Peningkatan kasus akan terlihat pada kisaran waktu 4 - 10 Minggu karena memang butuh waktu dalam pelaksanaan tracing dan testing. Mudah-mudahan tidak ada peningkatan kasus," jelas dia. 

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya sudah mencapai 72,24 persen dari target sasaran sebanyak 560.243 jiwa. 

Sedangkan untuk capaian vaksinasi lansia sudah mencapai 61,14 persen dari target sasaran sebanyak 58.522 lansia.

Dengan telah tercapainya target sasaran vaksinasi baik dosis pertama umum dan lansia, Kota Tasikmalaya pun kini naik status PPKM dari level 2 ke PPKM level 1.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut