get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Polres Tasikmalaya Kota, 110 Pemudik Diberangkatkan dengan 2 Bus ke Yogyakarta dan Solo

Inilah 10 Universitas Negeri di Yogyakarta  dengan Biaya Kuliah Paling Murah

Senin, 20 Maret 2023 | 10:28 WIB
header img
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto: Dok. UGM

YOGYAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Inilah 10 Universitas Negeri di Yogyakarta dengan biaya kuliah paling murah, menarik untuk disimak. Deretan universitas negeri tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan setelah lulus SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Sejak lama kota Yogyakarta memang dikenal dengan sebutan Kota Pelajar. Hal tersebut disematkan tak lepas dari banyaknya kampus dan perguruan tinggi yang ada di kota ini.

Di Yogyakarta terdapat lebih dari 100 perguruan tinggi, dengan menghadirkan berbagai program studi yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat dengan biaya yang terjangkau.

Dari banyaknya tempat kuliah tersebut, terdapat beberapa perguruan tinggi negeri. Berikut ini daftar 10 universitas negeri di Yogyakarta yang bisa dipilih untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan tinggi.

Universitas Negeri di Yogyakarta

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Negeri di Yogyakarta yang pertama adalah UGM. UGM merupakan kampus tertua di Yogyakarta yang didirikan pada 19 Desember 1949. Awalnya berada di kompleks Keraton Yogyakarta yang kemudian pindah dan menempati lahan Sultan Ground di Bulaksumur, Kecamatan Depok, Sleman.

Pada awal didirikan, UGM hanya memiliki enam fakultas. Namun kini ada 18 fakultas lengkap dengan sekolah Vokasi dan sekolah pascasarjana dengan lebih dari 100 Program Studi untuk S2, S3, dan Spesialis.

UGM menetapkan biaya pendidikan atau UKT sebagai biaya kuliah yang ditanggung setiap mahasiswa baik program sarjana maupun diploma. UKT kelompok I hanya Rp500.000 dan untuk kelompok VII Rp25 juta dari Prodi kedokteran ataupun kedokteran gigi.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 

Selanjutnya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), salah satu universitas negeri di Yogyakarta. UNY terletak di Karangmalang, Condongcatur, Depok Sleman. Dulunya UNY namanya IKIP Yogyakarta karena program studi yang ada berupa kependidikan untuk mencetak calon guru. 

Namun sejak 14 Agustus 1999 IKIP Yogyakarta telah diresmikan menjadi UNY yang menaungi 7 Fakultas antara lain, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Keolahragaan. Selain itu, Universitas Negeri Yogyakarta juga memiliki Program Pascasarjana.

Biaya kuliah di UNY juga sangat terjangkau, untuk kelompok A dengan program studi Pendidikan, bahasa/sastra, sosial dan ekonomi, besaran UKT kategori I hanya Rp500.000. Namun untuk kategori VII bisa mencapai Rp4,9 juta. Sedangkan untuk kelompok B meliputi Prodi MIPA, Olahraga, Seni, Geografi, dan PGSD, UKT kategori I sama Rp500.000 dan kategori VII Rp5,6 juta. Kelompok C dengan prodi Teknik, UKT kategori I tetap Rp500.000 dan  kategori VII Rp6,3 juta.

3. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

Selanjutnya yaitu Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) termasuk Universitas Negeri di Yogyakarta. STPN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang lahir tahun 1963 dengan nama Akademi Agraria. Ini merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan tertua di Indonesia dengan jurusan agraria.

Pada tanggal 16 Juli 1983 dilakukan penggabungan Akademi Agraria di Semarang dan Akademi Agraria di Yogyakarta dengan nama Akademi Agraria yang berkedudukan di Yogyakarta. Akademi ini memiliki 4 jurusan, yaitu: Jurusan Pendaftaran Tanah, Jurusan Tata Guna Tanah, Jurusan Hak Atas Tanah, dan Jurusan Landreform. Keberadaan Akademi ini hanya bertahan selama 3 tahun, sampai tahun 1986, Program Sarjana Muda diubah menjadi Program Diploma III.

Pada tahun 1987 dilakukan penghapusan jurusan sehingga Akademi Agraria berubah nama menjadi Akademi Pertanahan Nasional. Akhirnya pada 1993 berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional dengan jurusan Diploma III menjadi Diploma IV (setara S-I) dengan dua jurusan: Jurusan Manajemen Pertanahan dan Jurusan Perpetaan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut