get app
inews
Aa Read Next : Viman Alfarizi Keliling Ziarah ke Makam Pendiri Mayasari dan Ulama Pendiri Pesantren di Tasikmalaya

4 PO Bus asal Tasikmalaya, Nomor 3 Terkaya di Indonesia Miliki 2.500 Armada Beraset Triliun Rupiah

Senin, 13 Maret 2023 | 12:26 WIB
header img
PO Bus asal Tasikmalaya. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Tasikmalaya memiliki banyak pesantren yang tersebar di seluruh wilayahnya, sehingga kota ini dijuluki sebagai Kota Santri. Hal tersebut menjadi peluang untuk membuka jasa transportasi darat.

Dengan tarif yang relatif sangat terjangkau, bus masih menjadi moda transportasi massal yang banyak diandalkan masyarakat. Itulah yang membuat PO bus di Tasikmalaya bisa tetap bertahan di tengah persaingan ketat.

Penasaran, PO bus apa saja yang berasal dari Tasikmalaya dan hingga saat ini masih bertahan? Berikut ulasannya, dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

PO Bus asal Tasikmalaya

1. PO Budiman

 

PO Budiman yang berbasis di Kota Tasikmalaya didirikan oleh Saleh Budiman. Dia merintis usahanya dari jasa penyewaan truk. Kemudian, pada 1992, dia mengubah usahanya menjadi usaha angkutan bus dengan nama PO Budiman.

Bermodalkan 4 unit bus pertama, PO Budiman hanya melayani perjalanan dari daerah Tasikmalaya dan juga Ciamis. Kini, Budiman memiliki layanan yang cukup beragam, seperti penyewaan bus pariwisata, AKDP, dan AKAP.

PO Budiman melayani berbagai tujuan, seperti menuju Jabodetabek, Wonosobo, Cirebon, Semarang dan kota-kota lainnya di Pulau Jawa, seperti di Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jogjakarta hingga ke Jawa Timur.

Budiman salah satu perusahaan otobus dengan jumlah armada yang cukup banyak di Indonesia, yaitu lebih dari 900 unit armada. Ini yang membuat mereka menjadi salah satu PO dengan unit bus terbanyak di Jawa Barat.

PO Budiman kini dipimpin oleh Dede Sudrajat yang merupakan salah satu orang terkaya di Tasikmalaya dengan kekayaan sebesar Rp15 miliar berdasarkan data LHKPN tahun 2016. Dede Sudrajat juga berduet dengan Budi Budiman, dan menjabat sebagai Wakil Walikota Tasikmalaya periode 2017-2020.

2. PO Doa Ibu

 

PO Doa Ibu merupakan bagian dari Mayasari Group. Perusahaan otobus ini didirikan untuk melebarkan sayap di wilayah Jawa Barat. Bus yang dibalut dengan cat biru dan livery garis-garis berwarna kuning itu dipimpin oleh Budi Budiman.

Budi Budiman mengawali karier sebagai guru di SMA Negeri 1 Tasikmalaya pada 1989 sampai 1995. Selain sebagai guru, Budi Budiman juga dikenal sebagai pengusaha angkutan kota (angkot) sejak 1990.

Pada 1993, Budi Budiman ditunjuk sebagai direktur sebuah dealer mobil bernama Cakra Motor dibawah naungan PT Cakra Putra Parahyangan. Semenjak Budi meninggalkan karier di bidang pendidikan dan memilih konsen di bidang angkutan umum, usahanya terus meroket.

Terjun ke dunia politik, Budi Budiman terpilih menjadi Wali Kota Tasikmalaya periode 2012-2017 dan 2017-2020. Budi digadang-gadang memiliki harta kekayaan hingga Rp24 miliar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut