get app
inews
Aa Read Next : Plaza Asia Tasikmalaya Bersama Pemkot Salurkan Bantuan untuk Warga Kurang Mampu di Bungursari

Dinkes Kota Tasikmalaya Bersama RS Cicendo dan Perdami Gelar Operasi Katarak bagi Warga Kurang Mampu

Selasa, 07 Maret 2023 | 15:29 WIB
header img
Dinkes Kota Tasikmalaya Bersama RS Cicendo dan Perdami Gelar Operasi Katarak Bagi Warga Kurang Mampu. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Cicendo dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) melakukan operasi katarak secara massal yang dilakukan di RS Dewi Sartika Kota Tasikmalaya, Selasa (7/3/2023).

Kadinkes Kota Tasikmalaya  Uus Supangat mengatakan, kegiatan operasi katarak massal ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini diperuntukan bagi penderita penyakit katarak di Kota Tasikmalaya yang kurang mampu.

“Operasi katarak ini gratis, pasien tidak dipungut biaya. Kami bekerja sama dengan RS Cicendo dan Perdami,” kata Uus.

Menurutnya, penderita katarak yang mendaftar sebanyak 1.114 orang. Namun, setelah melalui proses skrining hanya 100 orang yang dapat dilakukan operasi.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat lakukan operasi katarak sebanyak 100 orang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, petugas medis yang terlibat dalam kegiatan operasi katarak massal ini merupakn tenaga kesehatan (nakes) yang sudah profesional.

“Ada 20 dokter spesialis mata dan perawat. Alhamdulillah berjalan lancar,” ucapnya.

Uus menyebut, kasus penyakit katarak di Kota Tasikmalaya lebih dari seribu penderita. Ada beberapa faktor yang memang menyebabkan pasien menderita penyakit katarak. Di antaranya faktor usia yang sudah lanjut, penyakit diabet, serta penyakit lainnya.

“Katarak ini kalau dibiarkan dapat berdampak pada hilangnya penglihatan. Awalnya penglihatan mungkin buram hingga akhirnya tidak bisa melihat,” jelas Uus.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut