get app
inews
Aa Read Next : Politik Uang dan Hukum Menerima Sogokan Pemilu dalam Perspektif Islam

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Dicoklit Pantarlih, KPU: Ada 547.653 Pemilih yang Dicocokan Datanya

Senin, 27 Februari 2023 | 21:30 WIB
header img
Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Dicoklit Pantarlih, KPU: Ada 547.653 Pemilih yang Dicocokan Datanya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

Menurut Yeti, jumlah pemilih yang masuk dalam DP4 di Kota Tasikmalaya sebanyak 547.653 orang. Pantarlih juga mencatat pemilih potensial yang nantinya bisa masuk dalam daftar pemilih sementara.

“Yang dicoklit itu di DP4 sebanyak 547.653 orang. Pemilih potensial juga didata jumlahnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, sejauh ini Pantarlih memang menemukan data di DP 4 itu ada yang sudah meninggal. Namun, untuk memastikannya perlu bukti yakni dengan adanya akta kematian dari disdukcapil.

“Metode dalam coklit ini kan 3C (Cocok, Coret, Catat). Memang ada data yang sudah meninggal ya itu kita catat dulu karena tidak serta merta KPU mencoretnya. Itu kita catat dulu dan dikoordinasikan dengan disdukcapil untuk dikeluarkan akta kematiannya,” jelasnya.

Yeti optimis tahapan coklit ini bisa berjalan dan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. “Mudah-mudahan lancar ya sesuai dengan jadwal,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Aslim, mengatakan, pelaksanaan Pemilu 2024 tergantung dari kesiapan dan kesigapan dari petugas KPU, PPK, PPS, hingga KPPS. Selain itu, KPU juga harus bersinergi dengan yang lain termasuk juga dengan masyarakat.

“Masyarakat juga harus bisa diajak bersinergi. Kalau sosialisasi ini kurang, masyarakat jadi apatis. Ini KPU betul-betul harus kerja ekstra agar pemilu sukses,” ucap Aslim.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut