get app
inews
Aa
Read Next : Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya Jadi Wisata Favorit saat Libur Lebaran

5 Pendaki Tersesat di Puncak Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ditemukan Selamat Tim SAR

Senin, 06 Februari 2023 | 19:47 WIB
header img
5 Pendaki Tersesat di Puncak Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ditemukan Selamat Tim SAR. Foto: IST

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Lima pendaki tersesat di puncak Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (5/2/2023) malam.

Kelima pendaki tersebut terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan. Mereka mulai mendaki dari Curug Cimedang, Sabtu (4/2/2023) dan tiba di puncak dinding ari Gunung Galunggung sekira pukul 18.30 WIB.

Para pendaki tersebut kemudian turun sekira pukul 20.00 WIB. Namun, saat turun mereka tidak menemukan jalur pulang dan memutuskan untuk tetap berada di tempat.

Kemudian pada Minggu (5/2/2023) sekira pukul 08.00 WIB, kelimanya memutuskan untuk kembali ke puncak dan sampai pukul 10.00 WIB.

Mereka pun memutuskan untuk stay kembali di puncak dinding ari Gunung Galunggung. Kemudian, sekira pukul 11.00 WIB kelima pendaki itu kembali turun sampai pukul 14.00 WIB dengan harapan dapat menemukan jalur pulang.

Mereka pun memberikan kabar kepada keluarganya jika tak menemukan jalan pulang sehingga memutuskan untuk kembali ke puncak sekira pukul 16.00 WIB dan tiba di puncak. Karena penasaran, mereka pun akhirnya kembali turun sekira pukul 18.00 WIB. Namun, usaha yang mereka lakukan tak kunjung menemukan jalur pulang karena minimnya penerangan.  

Kelima pendaki itu pun terus berkomunikasi melalui sambungan telepon kepada keluarganya dan kembali ke puncak dinding ari Gunung Galungung.

Ketua Forum Komunikasi (FK) Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya mengatakan, pada Minggu (5/2/2023) malam mendapat informasi dari juru kunci bahwa mendapat kabar dari keluarga pendaki bahwa mereka tidak menemukan jalur pulang dari puncak gunung sehingga tersesat.

“Setelah itu juru kunci menghubungi Basarnas Pos SAR Tasikmalaya kemudian informasi itu disebar dalam grup FK3D Kabupaten Tasikmalaya. Tim TGU Kabupaten Tasikmalaya langsung meluncur ke lokasi,” kata Jembar, Senin (6/2/2023).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut