get app
inews
Aa Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

Rumah Janda di Cimaragas Ciamis Ambruk Nyaris Rata dengan Tanah

Selasa, 16 Januari 2024 | 08:27 WIB
header img
Rumah Janda di Cimaragas Ciamis Ambruk Nyaris Rata dengan Tanah. Foto: dok. Tagana Ciamis

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Sehari setelah terkena dampak hujan lebat dan angin kencang, rumah janda Wiwi Witarsih (51) di Dusun Pasir Gintung Rt 24 RW 08 Desa Jayaraksa, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, ambruk nyaris rata dengan tanah. Peristiwa tragis ini terjadi pada Sabtu (13/1/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Seorang relawan Tagana di Cidolog, Cimaragas, Iip Syamsul Maarif, menjelaskan, bahwa kejadian tersebut tidak terjadi saat hujan lebat atau angin kencang. Cuaca pada saat kejadian malah cerah, tetapi sehari sebelumnya, tepatnya Jumat (12/01/2024), hujan lebat dengan durasi tinggi melanda sebagian besar wilayah Ciamis, termasuk Cimaragas.

"Kondisi rumah korban sudah lapuk dan rapuh. Sehingga tidak kuat menahan beban saat hujan lebat disertai angin kencang Jumat sore. Kemudian esok harinya, Sabtu siang mendadak ambruk," ungkap Iip kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (16/1/2024).

Beruntung, pada saat kejadian, rumah tersebut sedang kosong karena Wiwi bersama dua anaknya telah diungsikan ke rumah Oyon, yang juga merupakan keluarga korban dan berlokasi di RT yang sama. 

Tindakan ini diambil karena khawatir dengan kondisi rumah yang sudah rusak parah akibat hujan lebat dan angin kencang. "Hari ini korban sekeluarga masih mengungsi," tambah Iip.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut