get app
inews
Aa
Read Next : Pesona Keindahan dan Keasrian Sungai Merah di Kalimantan Tengah, Disakralkan Suku Dayak

Mengenal Ritual Mangkuk Merah Suku Dayak di Kalimantan, Tradisi Sakral Panggilan Perang

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:25 WIB
header img
Mengenal Ritual Mangkuk Merah Suku Dayak di Kalimantan, Tradisi Sakral Panggilan Perang. Foto: IST

Bila dianggap sudah saatnya diedarkan, tubuh panglima adat akan dirasuki oleh roh suci dewa. Setelah itu, panglima adat akan pulang ke desanya dengan meneriakan kata-kata magis tertentu.

Saat panglima adat meneriakan kata-kata magis tersebut, masyarakat desa sudah mengerti dan paham dengan maksudnya. Mereka akan berkumpul di lapangan sambil membawa senjata seperti mandau, perisai, senjata lantak dengan kain merah di kepala.

Panglima adat kemudian menularkan roh dewa kepada semua penduduk dan mengutus kurir untuk mengantarkan mangkuk merah ke desa lain. Sejumlah orang ditunjuk untuk menyampaikan berita itu ke desa-desa lain.

Para utusan dari panglima adat itu sebelumnya telah diberi arahan mengenai maksud dan tujuan dari mangkuk merah serta siapa saja yang harus mereka temui (para ahli waris), kapan waktu berkumpul, lokasi berkumpul, dan lain sebagainya.

Setelah menyampaikan berita dari panglima adat, para utusan itu tidak boleh menginap atau singgah terlalu lama. Kendati hujan lebat atau hari sudah malam, mereka tetap harus meneruskan perjalanan.

Masyarakat Dayak yang berada dalam pengaruh magis serta komando panglima perang, konon kebal senjata. Bahkan kuat tidak makan hingga sebulan dan bergerak cepat di dalam rimbanya hutan belantara Kalimantan.

Suku Dayak percaya jika melaksanakan ritual mangkuk merah bukanlah perkara mudah. Hal itu lantaran terdapat kepercayaan jika ritual yang dilaksanakan akan meminta korban nyawa manusia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut