get app
inews
Aa Read Next : Pilgub Jabar 2024, Bakal Calon Gubernur Jabar Rhesa Yogaswara: Buat Apa Juara Tapi Tidak Bahagia

SMK BPN Tasikmalaya Pamerkan Produk Unggulan Karya Siswa di BIJB Explore 2022

Jum'at, 23 Desember 2022 | 10:22 WIB
header img
SMK BPN Tasikmalaya Pamerkan Produk Unggulan Karya Siswa di BIJB Explore 2022. Foto: IST

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Putera Nusantara (BPN) sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di Jawa Barat (Jabar) menampilkan sejumlah produk hasil karya siswa-siswi dalam kegiatan Explore SMK Jabar Juara 2022 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, pada 15-17 Desember 2022.

Kegiatan bertajuk "Eksplorasi Dalam Kreasi dan Inovasi" tersebut menjadi etalase sekaligus ajang pamer potensi siswa SMK se-Jabar. Explore SMK Jabar Juara 2022 bertujuan untuk menunjukan siswa SMK di Jabar menyimpan potensi besar, terutama produk unggulan.

Dari 2.898 SMK di Jabar, 270 SMK di antaranya merupakan SMK Pusat Keunggulan dan tersebar di 27 kota kabupaten.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas SMK BPN Tasikmalaya Aan Subhan mengatakan, Explore SMK Jabar juara merupakan kegiatan pameran produk kejuruan siswa-siswi SMK di Jabar dengan tujuan untuk menunjukkan ke masyarakat mengenai kemampuan SMK dalam memproduksi produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“SMK BPN sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai SMK pusat keunggulan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan menampilkan produk-produk unggulan hasil karya siswa-siswi,” kata Aan.

“Produk yang dipamerkan antara lain dari jurusan farmasi kami menyajikan jamu kunyit instan. Terus ada minuman segar dari bunga telang. Terus ada juga masker wajah yang berbahan bunga telang ada juga minuman fermentasi atau yogurt,” sambungnya.

Dari jurusan kimia analisis, lanjut Aan, SMK BPN menampilkan produk sabun pencuci piring. Tterus ada juga air minuman kemasan, kemudian deoran sprei dance dan hand sanitizer dengan berbagai varian aroma. Jadi yang kita buat itu ada yang aroma kopi, mangga dan sebagainya.

“Sedangkan dari jurusan TJKT, kita memperlihatkan alat-alat yang dimiliki di jurusan misalkan ada Splitter, fiber optik terus antena point to point. Di jurusan yang lain di SIJA atau PPLG, pada kegiatan ekspor ini kami menampilkan smartlamp ya atau lampu pintar yang bisa diremote dari jarak jauh,” ucapnya.

Ia menuturkan, untuk jurusan keperawatan, sekolahnya membawa alat-alat yang biasa digunakan di kegiatan untuk lansia. Misalnya sfigmo manometer, stetoskop, termogun, satu set alat pemeriksaan golongan darah, diet simulator set, oksigen konsentrator dan kursi roda elektrik.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut