get app
inews
Aa Read Next : BMKG: Gempa Garut M6,5 Diakibatkan Aktivitas Deformasi Batuan dalam Lempeng Indo-Australia

Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Bupati Jeje Wiradinata: Pantai Pangandaran Aman Dikunjungi

Sabtu, 17 Desember 2022 | 19:40 WIB
header img
Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Bupati Jeje Wiradinata: Pantai Pangandaran Aman Dikunjungi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Muhamad Iqbal

PANGANDARAN, iNewsTasikmalaya.idBupati Pangandaran Jeje Wiradinata memastikan jika Pantai Pangandaran aman untuk dikunjungi. Pengunjung objek wisata Pantai Pangandaran sempat menurun lantaran adanya kekhawatiran pasca terjadinya bencana alam gempa bumi di Cianjur beberapa waktu lalu.

“Sekarang sudah mulai ada yang berkunjung walaupun tidak banyak, karena memang sudah terlihat dari indikator hotel yang mulai banyak yang booking (pesan)," kata Jeje, Sabtu (17/12/2022).

Terkait bencana gempa bumi yang belakangan ini kerap terjadi bahkan terjadi di Pangandaran, lanjut Jeje, yangn pertama bencana alam itu hanya tuhan yang mengetahui. Yang kedua, dari sisi kelimuan, ada teori yang menyebutkan bahwa kalau ada gempa itu bagus karena tenaganya tidak sekaligus.

Pangandaran pernah dilanda tsunami beberapa tahun silam dan tidak dimungkinkan kembali terjadi sunami dalam waktu dekat. “Melihat pengalaman di berbagai daerah kalau tsunami itu ada waktu yang panjang untuk terjadi lagi. Dengan demikian, secara logika keilmuan itu kan kecil kemungkinan terjadi," ujarnya.

Jeje menjelaskan, pihaknya sudah melengkapi berbagai upaya penanganan bencana mulai dari sarana, SDM dan sebagainya. Upaya yang telah dilakukan di antaranya adalah Early Warning System (sistem peringatan dini) untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya. Selain itu, pihaknya juga mengaku telah menyediakan tempat evakuasi sementara serta berbagai sarana lainnya.

“Kita juga setiap tahun melakukan simulasi mitigasi bencana alam. Apa yang harus kita lakukan jika ada bencana tsunami maupun gempa dan lainnya. Terkait rambu-rambu di Pangandaran juga sudah banyak, jadi saya rasa Pangandaran saat ini aman untuk dikunjungi wisatawan," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut