get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Alam Hujan Deras Hanya Guyur Satu Rumah di Tasikmalaya, Penghuni Kaget

Ini Alasan Kenapa Laut Mediterania dan Samudra Atlantik Tidak Pernah Menyatu

Jum'at, 16 Desember 2022 | 15:14 WIB
header img
Ini Alasan Kenapa Laut Mediterania dan Samudra Atlantik Tidak Pernah Menyatu. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Laut Mediterania dan Samudra Atlantik menyimpan fenomena alam yang sangat luar biasa. Air Laut Mediterania dan Samudra Atlantik tidak saling menyatu meski dalam satu peraian yang sama.

Fenomena dua air yang berbeda warna itu benar adanya. Air dari Samudra Atlantik tak sedikit pun bercampur atau menyatu dengan air Laut Mediterania.

Fenomena alam ini sempat membuat geger jagat media sosial (medsos). Unggahan foto maupun video yang memperlihatkan bagaimana kedua air itu tidak saling menyatu.

Lantas, kenapa Laut Mediterania dan Samudra Atlantik tidak pernah menyatu?

Fenomena alam yang terjadi di Laut Mediterania dan Samudra Atlantik ini telah disebutkan dalam Alquran, Surat Ar-Rahman ayat 19-20 yang artinya, “Dia melepaskan dua lautan, lalu bertemu (19). Di antara keduanya ada penghalang, (maka) tidak ada di antara mereka yang melampaui batas”.

Bahkan dalam surat lainnya, yakni Surat Al-Furqon ayat 53 yang artinya, "Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan): yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus".

Ketiga ayat dalam dua surat di kitab suci Alquran itu menjelaskan dengan rinci bagaiman Laut Mediterania dan Samudra Atlantik yang tidak akan pernah menyatu. Kendati berada di satu peraian yang sama, tapi keduanya benar-benar tidak menyatu.

Sementara itu, secara ilmiah, tidak dapat menyatunya air Laut Mediterania dan Samudra Atlantik ini dapat dikaitkan dengan masa jenis air yang berbeda karena adanya perbedaan kepadatan air, suhu dan salinitas atau tingkat kadar garam.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut