get app
inews
Aa Read Next : Luar Biasa,Putri Ariani Peserta Amarica's Got Talent 2023 Asal Indonesia Raih Golden Buzzer

Agresi Militer Belanda 1, Upaya Merebut Kembali Kedaulatan Indonesia

Jum'at, 09 Desember 2022 | 12:42 WIB
header img
Agresi Militer Belanda 1, Upaya Merebut Kembali Kedaulatan Indonesia. Foto: IST

 JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Belanda pernah melakukan agresi militer ke Indonesia. Tujuannya untuk merebut dan menguasi Indonesia yang telah merdeka. 

Melansir dari jurnal berjudul Agresi Militer Belanda I Di Bondowoso karya Erfin Yuliani, agresi militer Belanda I merupakan tindakan Belanda untuk memaksakan keinginannya kembali menguasai Indonesia secara militer.

Tindakan agresi militer Belanda 1 itu dilakukan lantaran gagalnya perundingan Linggarjati yang tidak sesuai keinginannya. 

Di samping itu, negara kincir angin itu menganggap Indonesia belum sepenuhnya memiliki pemerintahan yang legitimasi dan berdaulat. 

Agresi militer Belanda 1 bertujuan untuk menghancurkan keberadaan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menduduki daerah-daerah strategis secara ekonomi dan politik. 

Oleh hal itu, Belanda berusaha menduduki Sumatera Utara, Sumatera Timur (daerag perkebunan), Sumatera Selatan (daerah perminyakan Palembang), hingga daerah perkebunan di ujung Jawa Timur seperti Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, hingga Jember. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut