get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Alam Hujan Deras Hanya Guyur Satu Rumah di Tasikmalaya, Penghuni Kaget

5 Fenomena Alam Bukti Kebenaran Alquran dalam Ilmu Pengetahuan, Ada Api di Dasar Laut

Minggu, 04 Desember 2022 | 20:04 WIB
header img
5 Fenomena Alam Bukti Kebenaran Alquran dalam Ilmu Pengetahuan, Api di Dasar Laut hingga Tumbuhan Bertasbih. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.idFenomena alam bukti kebenaran Alquran dalam ilmu pengetahuan dapat Anda simak dalam artikel ini.

Bumi dengan segala isinya menyimpan banyak fenomena alam yang memang susah dijelakan oleh nalar manusia.

Namun, fenomena alam yang terjadi sudah dijelaskan di dalam kitab suci Alquran sebelum adanya teknologi canggih seperti sekarang ini.

Lantas fenomena alam apa saja yang telah dijelaskan di dalam Alquran?

Berikut ini fenomena alam bukti kebenaran Alquran dalam ilmu pengetahuan yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/12/2022):

1. Dua air laut bertemu tanpa bisa bersatu


5 Fenomena Alam Bukti Kebenaran Alquran dalam Ilmu Pengetahuan, Api di Dasar Laut hingga Tumbuhan Bertasbih. Foto: Dok. Okezone

Fenomena alam bukti kebenaran Alquran dalam ilmu pengetahuan yang pertama adalah fenomena bertemunya dua ari laut yang berbeda tanpa bisa bersatu.

Fenomena alam ini telah dijelaskan dalam Alquran Surat Ar-Rahman ayat 19-20 yang artinya, “Dia membiarkan dua laut mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu. Di antara keduanya ada batas yang tidak dapat dilampaui oleh masing-masing.”

Fenomena alam tersebut berada di Selat Gibraltar yang menghubungkan Samudera Atlantik dengan Laut Mediterania.

Dalam Al-Jawahir fi Tafsir Al-Qur’an Al Karim, Thanthawi Jauhari menjelaskan, dua air yang berbeda warna tersebut merupakan air laut yang asin serta air laut tawar.

Keduanya tidak dapat saling memengaruhi satu satu sama lain. Dua air tersebut tidak dapat saling menyatu karena adanya pembatas yang bersifat ilahiyah.

Sementara itu, menurut para ilmuwan, fenomena alam tersebut karena adanya gaya fisika yang disebut tegangan permukaan.

Selain itu, para ilmuwan juga menyebut, air dari laut yang bersebelahan tersebut mempunyai perbedaan massa jenis.

2. Api di dasar laut


5 Fenomena Alam Bukti Kebenaran Alquran dalam Ilmu Pengetahuan, Api di Dasar Laut hingga Tumbuhan Bertasbih. Foto: Ist

Fenomena alam bukti kebenaran Alquran dalam ilmu pengetahuan yang kedua adalah api di dasar laut. Fenomena alam tersebut memang benar adanya.

Fenomena alam itu merupakan fenomena yang ada di dasar laut di bumi. Secara alami, api keluar akibat letusan gunung api bawah laut.

Fenomena api di dasar laut ini pun telah dijelaskan dalam Al-Quran Surat At-Thur ayat 6 yang artinya, “dan laut yang di dalam tanahnya ada api.”

Melansir buku Miracles of Al Quran & As Sunnah, usai Perang Dunia II, ilmuwan menjelajahi samudera serta lautan guna mencari bahan mineral yang cadangannya hampir habis.

Para ilmuwan pun terkejut dengan banyak pegunungan vulkanik yang terbentang di lautan yang mereka sebut sebagai pegunungan bawah laut.

Gunung-gunung tersebut terbentuk akibat letusan dahsyat gunung berapi. Di kedalaman sekitar 1,6 kilometer di bawah laut, lahar letusan gunung berapi dapat meleleh keluar serta memanas hingga akhirnya menyemburkan abu vulkanik.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut