get app
inews
Aa Read Next : Ingin Buktikan Mitos Nyi Roro Kidul, Seorang Pemuda Berenang Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan

Inilah Hasil Penelitian Ilmuwan Kenapa Cicak Dibenci dalam Ajaran Islam

Minggu, 27 November 2022 | 10:30 WIB
header img
Inilah Hasil Penelitian Ilmuwan Kenapa Cicak Dibenci dalam Ajaran Islam. Foto: Ilustrasi.

KAIRO, iNewsTasikmalaya.idIlmuwan temukan alasan kenapa cicak dibenci dalam ajaran Islam. Dijelaskan dalam hadist, membunuh cicak dinilai tindakan sunnah. Kini para ilmuwan telah menemukan alasannya kenapa cicak dibenci dalam ajaran Islam.

Dari hasil penelitian, para ilmuwan menemukan struktur mikroskopis yang memungkinkan cicak bertahan hidup dengan memutus bagian ekornya. 

Banyak hewan yang rela mengorbankan sebagian anggota badannya disaat harus memilih antara hidup dan mati. Seperti halnya cicak yang memutuskan bagian ekornya ketika merasa terancam.  

Al-Qaradhawi menyebutkan, dalam Kaifa Nata‘amal ma`a Sunnah-nya sebagai "At-ta`kid min madlulati alfazhil hadis". Maka kata harus memastikan, kata `al-auzagh` dalam hadits tersebut apakah untuk menunjukkan kata cicak seperti cicak-cicak di rumah kita atau tidak.

Sementara itu, Imam An-Nawawi dalam Syarah Muslim-nya menjelaskan, bahwa auzagh yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah yang sejenis saamul abrash, yakni cicak yang dapat mendatangkan penyakit.

Dan ditegaskan lagi oleh An-Nawawi sebagai al-hasyaratul mu`dzi (hewan yang dapat menyakiti).

Berdasarkan sains, kemampuan cicak mengamputasi diri meskipun ada kerugian kehilangan ekor sangat berguna untuk bermanuver karena akan lebih ringan untuk mengecoh.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut