get app
inews
Aa Read Next : Respon Positif Tingginya Minat Masuk Anggota, PWI Jabar Gelar OKK Perdana Tahun 2024

TNI Tembus Bangun Jalan Desa Terpencil di Tasikmalaya

Rabu, 08 Desember 2021 | 06:11 WIB
header img
Dua Bulan TNI Tembus Bangun Jalan Desa Terpencil di Tasikmalaya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Nanang Kuswara)

TASIKMALAYA, iNews.id – Dalam kurun waktu dua bulan lamanya, TNI dari Kodim 0612 Tasikmalaya berhasil menembus membangun jalan di wilayah terpencil Desa Burujuljaya, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (7/12/2021).

Pelaksanaan pembangunan dalam kegiatan karya bakti TNI Kodim 0612 Tasikmalaya tersebut dilaksanakan bersama-sama dengan Pemkab Tasikmalaya serta seluruh lapisan warga masyarakat setempat. 

Mereka bahu membahu membangun jalan yang semua hanya jalan setapak berbatu dan rawan longsor, kini dilakukan pengaspalan hingga sangat mudah dilalui sepeda motor dan mobil. 

“Kami di TNI memang cukup concern terhadap pembangunan wilayah-wilayah terpencil terutama pada akses jalan raya yang biasa dipergunakan warga, karena sangat sulit wilayah tersebut berkembang apabila akses jalannya tidak baik.

Di Jawa Barat kami terus menggencarkan program ini, apalagi di kawasan daerah terpencil berupa pegunungan yang rawan bencana pula,” ungkap Kepala Staf Kodam III Siliwangi Brigjen TNI Darmono Susastro. 

Seperti halnya jalan ke kawasan terpencil di Desa Burujuljaya yang kini sudah cukup mudah diakses warganya untuk berbagai kepentingan. 

Mulai kepentingan pengembangan perekonomian, akses kesehatan bagi warganya, hingga akses pelayanan pendidikan di pusat pemerintahan kecamatan. 

“Kami mengecek ke lokasi secara langsung dan Alhamdulillah memang sudah selesai, kurang lebih dua bulan lamanya prosesnya dilaksanakan sehingga masyarakat bisa mempergunakannya dengan baik. 

Jalan ini sangat vital dan dibutuhkan masyarakat untuk bisa membawa hasil bumi untuk mereka jual, juga untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan dan pendidikan,” jelas Darmono. 

Di tempat tersebut, TNI juga menggelar bakti sosial pelaksanaan vaksinasi bagi warga yang digelar di lapangan desa tersebut. Hal itu dilaksanakan seiring dengan program agar akhir tahun 2021 ini, target vaksinasi di Jawa Barat bisa mencapai diatas 70%. 

Maka, selain dilaksanakan dengan menggelar acara dilapangan terbuka. Pelaksanaanya juga dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga untuk secara langsung diberikan vaksinasi dirumahnya, sehingga program herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid 19 bisa segera terwujud. 

“Kalau di Kabupaten Tasikmalaya saya dengar baru 57%, mudah-mudahan saja di akhir bulan nanti bisa mencapai target,” kata Darmono. 

Sementara itu, Hendar (47) tokoh Pemuda Desa Burujuljaya menyebutkan, jika jalan yang dibangun TNI tersebut menghubungkan 6 perkampungan dengan jumlah penduduk yang lumayan besar. 

Mereka sebelumnya hanya mengandalkan jalan setapak tersebut, yang kini kemudian dibangun dan bahkan mobil bisa melaluinya. 

“Bertahun-tahun saya hidup disini, tidak terbayangkan jika akses jalan bisa dilalui mobil saat ini saat saya masih hidup dan bisa menikmatinya. 

Jelas saya serta warga masyarakat disini sangat berterimakasih kepada TNI serta Pemkab Tasikmalaya yang telah mewujudkan harapan kami memiliki akses jalan yang lebih memadai,” pungkas Hendar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut