get app
inews
Aa Read Next : Jalur Cikatomas-Cilopadang Ciamis Terancam Putus, Tebing di Pinggir Jalan Longsor

Sempat Tertutup Longsor, Jalan Desa Mandalasari Tasikmalaya Sudah Bisa Dilalui Lagi

Selasa, 30 November 2021 | 15:52 WIB
header img
Secara terus menerus selama 6 hari lamanya BPBD melakukan pembersihan material longsor yang menutup badan jalan yang menghubungkan Desa Puspasari dan Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Nanang Kuswara)

TASIKMALAYA, iNews.id - BPBD Kabupaten Tasikmalaya bersama sejumlah relawan secara terus menerus selama 6 hari lamanya bekerja membersihkan material longsor yang menutup jalan penghubung Desa Puspasari dan Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya.

Pasalnya, jalan desa tersebut merupakan akses penghubung warga untuk menuju ke pusat kota kecamatan bagi kepentingan perekonomian, pendidikan, dan kesehatan.

Namun, akibat longsor yang terjadi membuat aktivitasnya terganggung karena badan jalan tertutup material longsor cukup tinggi serta ancaman longsor susulan dikhawatirkan terjadi.

Nampak longsor yang menutup badan jalan telah dibersihkan dan pengerasan badan jalan telah dilakukan, sejumlah relawan berupaya menyingkirkan material longsor terutama batu besar yang masih berpotensi terjatuh ke bawah.

Beku pun diturunkan untuk membersihkan material longsor, selain tim relawan mempergunakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan.

“Meski memang jalan sudah terbuka, namun pengamanan area terdampak masih terus dilakukan selama penanganan. Akses jalan sementara ditutup karena berbahaya bagi pengguna jalan, evakuasi material batuan dan pepohonan yang masih berpotensi membahayakan dilakukan dengan cara manual dengan menjatuhkan ke bawah,” papar Kasi Darurat BPBD Kabupaten Tasikmalaya Dede Sudrajat dalam laporannya, Selasa (30/11/2021).

Kemudian himbauan dan arahan para pejalan kaki yang melintas area longsoran sementara diarahkan menggunakan jalan setapak di area Pesawahan, pemantauan dan arahan menggunakan pengeras suara untuk petugas yang berada di atas tebing guna memberikan peringatan bila mana terjadinya hal yang membahayakan keselamatan.

Para relawan mengaku terkendala dengan medan jalan yang curam serta lereng bukit yang terjal cukup menghambat jalannya proses evakuasi.

Akses jalan penghubung Desa Puspasari menuju Desa Mandalasari kini sudah kembali terbuka, meskipun masih belum bisa digunakan karena beresiko dengan material dan bebatuan yang masih tertahan diatas longsoran.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut