get app
inews
Aa Read Next : Utusan Khusus AS Kampanyekan LGBT Bisa Merusak Bangsa Indonesia, MUI Tolak Kedatangan Jessica Stern

Negara Pemilik Kapal Induk Terbanyak di Dunia, Ada yang Panjangnya 320 Meter

Rabu, 21 September 2022 | 12:22 WIB
header img
Negara Pemilik Kapal Induk Terbanyak di Dunia, Ada yang Panjangnya 320 Meter. Foto: Ilustrasi/Istimewa.

2. China


Negara Pemilik Kapal Induk Terbanyak di Dunia, Ada yang Panjangnya 320 Meter. Foto: AFP

Posisi dua negara pemilik kapal induk terbanyak selanjutnya adalah China.  Negeri tirai bambu itu juga menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia.

Sama halnya dengan Amerika, China juga memiliki sederet persenjataan dan kendaraan tempur kelas wahid dengan teknologi canggih termasuk kapal induk. China memiliki kapal induk sebanyak 3 kapal induk.

Pada Juni lalu, China mengeluarkan kapal induk ketiganya yang bernama Fujian. Kapal induk sepanjang 320 meter tersebut dilengkapi dengan teknologi modern dan sistem CATOBAR yang merupakan peluncur pesawat dari kapal induk.

Kapal Fujian masih membutuhkan waktu untuk menyempurnakan sistem CATOBAR. Selain kapal Fujian yang baru diluncurkan, China sudah memiliki 2 kapal induk terdahulu yaitu kapal Liaoning yang beroperasi pada tahun 2012 dan kapal Shandong yang beroperasi pada 2019.

1. Amerika Serikat


Negara Pemilik Kapal Induk Terbanyak di Dunia, Ada yang Panjangnya 320 Meter. Foto: Reuters.

Diurutan pertama negara pemilik kapal induk terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat.

Tercatatat, negeri Paman Sam itu memiliki 11 buah kapal induk. Salah satu kapal induk yang dimiliki Amerika Serikat adalah USS Ronald Reagan.

Kapal ini adalah kapal induk bertenanga nuklir kelas Nimitz yang dilengkapi dengan sistem senjata rudal Sea Sparrow dan torpedo.

Pada Selasa, 13 Sepember 2022 lalu, kapal induk USS Ronald Reagan terlihat melakukan patroli di perairan internasional dekat Jepang.

Kapal induk USS Ronald Reagan kembali bertugas di kawasan Asia-Pasifik usai menjalani pemeliharaan di pangkalan Angkatan Laut Yokosuka, Jepang.

Artikel ini telah tayang di SINDONEWS.com dengan judul “Negara Pemilik Kapal Induk Terbanyak di Dunia, Nomor 2 di Asia” pada Minggu (18/9/2022).

Itulah negara pemilik kapal induk terbanyak di dunia, Ada yang Panjangnya 320 Meter.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut