get app
inews
Aa
Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

427 Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Ciamis Diwisuda, Ketua STIkes: Mengabdilah Kepada Masyarakat

Rabu, 24 November 2021 | 11:13 WIB
header img
Sebanyak 427 wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis tahun akademik 2020-2021 menjalani prosesi wisuda, Rabu (24/11/2021). (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebanyak 427 wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis tahun akademik 2020-2021 menjalani prosesi wisuda, Rabu (24/11/2021).

Prosesi wisuda 427 wisudawan dan wisudawati dari program S1 Keperawatan dan Profesi Ners, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Analis Kesehatan, serta D3 Farmasi ini dilaksanakan di Graha Asia Kota Tasikmalaya.

Prosesi wisuda dilakukan dengan penerapan disiplin Protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. 

Ketua STIkes Muhammadiyah Ciamis Dedi Supriadi mengatakan, di masa pandemi ini merubah banyak hal dari kebiasaan kehidupan termasuk kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka harus berubah dan dilaksanakan secara daring. 

Ia menyebut, pelaksanaan wisuda di masa pandemi sempat dilakukan di kampus STIKes Muhammadiyah Ciamis tapi dengan jumlah terbatas hanya 50 perwakilan wisudawan dan wisudawati. 

Namun, kali ini atas permintaan dari para mahasiswa wisuda dapat dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh lulusan. Hanya saja, tanpa kehadiran disaksikan oleh para orang tua di dalam gedung Graha Asia. 

"Hari ini wisudawan dan wisudawati yang diwisuda sebanyak 427 lulusan," ujar Dedi dalam sambutannya, Rabu (24/11/2021).

Ia menuturkan, sebelum pelaksanaan wisuda, pihaknya telah melaksanakan pengambilan sumpah profesi yang dilakukan oleh masing-masing organisasi profesi. 

Di antaranya, S1 Keperawatan dan Profesi Ners, D3 Keperawatan, D3 Analis Kesehatan, D3 Kebidanan, dan D3 Farmasi. 

"Saya atas nama seluruh citivas akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis mengucapkan selamat kepada para orang tua dan seluruh wisudawan dan wisudawati yang telag menyelesaikan study di STIKes Muhammadiyah Ciamis," ucapnya. 

"Harapan saya semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi para lulusan, orang tua, dan masyarakat," sambung Dedi.

Dedi menjelaskan, proses pendidikan yang berkualitas merupakan bagian dari komitmen dalam menjalan peran di dunia pendidikan tinggi sesuai dengan visi dan misi STIKes Muhammadiyah Ciamis. 

"Terwujudnya sekolah tinggi yang unggul dalam bidang kesehatan berdasarkan nilai-nilai islam pada tahun 2028," kata dia. 

Ia berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati bahwa ilmu sebagai alat akan tergantung kepada untuk apa dan bagaimana ilmu tersebut digunakan. 

"Nilai universal dari pemanfaatan ilmu adalah untuk kemaslahatan umat secara keseluruhan. Sekarang saatnya para wisudawan dan wisudawati mengamalkan ilmu tersebut di masyarakat. Buktikanlah bahwa gelar yang diperoleh menunjukan kompetensi yang dimiliki" ujarnya. 

Kata dia, pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan pernah berpesan untuk senantiasa mengajak semua belajar secara terus menerus untuk mencapai profesi tertentu, karena tantangan zaman semakin lama semakin keras. 

"Ketika telah mencapai pada posisi apapun, kembalilah mengabdi pada masyarakat dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Muhammadiyah," ungkapnya. 

Ia juga menghaturkan terima kasih dan permohonan maaf apabila selama membimbing dan melayani para wisudawan dan wisudawati terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati.

" Selamat jalan, selamat berprestasi, semoga Allah swt selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua," pungkasnya. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut