get app
inews
Aa Read Next : Daftar 5 Kota di Indonesia yang Terancam Tenggelam, Nomor 4 pada 2030 Diprediksi Tenggelam

Waspada! Bahaya Begadang Bisa Meningkatkan Risiko Bunuh Diri, Ini Kata Peneliti

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:09 WIB
header img
Peneliti Beberkan Bahaya Begadang, Bisa Meningkatkan Risiko Bunuh Diri (Foto: Mpho Mojapelo/Unsplash)

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Bukti penelitian menunjukkan saat terjaga pada malam hari fungsi otak manusia sangat berbeda. Tepatnya pada saat tengah malam, ide-ide berbahaya mudah muncul karena emosi negatif lebih dominan.

Begadang dapat memengaruhi emosi dan perilaku manusia, hal tersebut diungkapkan dalam penelitian yang bertajuk 'Mind After Midnight'. Mereka bahkan menyimpulkan begadang dapat meningkatkan risiko seseorang bunuh diri.

Seperti dilansir dari Science Alert, penelitian melaporkan antara tengah malam dan 6:00 pagi dibandingkan dengan waktu lainnya resiko bunuh diri mencapai tiga kali lipat lebih tinggi  

"Bunuh diri, yang sebelumnya tidak terbayangkan, muncul sebagai pelarian dari kesepian dan rasa sakit. Dan pada saat tidak ada orang lain yang terbangun untuk mencegahnya, memungkinkan bunuh diri benar-benar dilakukan," kata para peneliti dalam hipotesisnya.

Penulis menggunakan dua contoh untuk mengilustrasikan poin mereka. Contoh pertama adalah seorang pengguna heroin yang berhasil mengatasi akaunya di siang hari tetapi menyerah pada sakaunya di malam hari.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut