get app
inews
Aa Read Next : Pacari Janda Muda, Pria di Cimahi Tewas Dibunuh Mantan Suami Sang Kekasih, Polisi Kejar Pelaku

6 Kota di Jawa Barat Penghasil Janda Muda Terbanyak, Para Jomblo Boleh Merapat

Jum'at, 22 Juli 2022 | 08:51 WIB
header img
6 Kota di Jawa Barat Penghasil Janda Muda Terbanyak, Para Jomblo Boleh Merapat. (Foto: shutterstock)

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Enam kota di Jawa Barat (Jabar) penghasil janda muda terbanyak akan dibahas dalam artikel ini. Permasalahan dalam rumah tangga hingga berakhir dengan perceraian termasuk salah satu masalah yang kerap ditemui di lingkungan masyarakat. 

Banyak faktor yang menyebabkan biduk rumah tangga hancur hingga berujung perceraian. Salah satu faktor penyebab perceraian adalah faktor ekonomi. 

Provinsi Jabar menjadi salah satu provinsi dengan angka perceraian terbanyak di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021 tercatat sebanyak 98.088 kasus atau 21,9 persen perceraian di Jawa Barat dari total kasus perceraian nasional.

Sekitar 75,6 persen perceraian di provinsi ini terjadi lantaran cerai gugat (diajukan pihak istri), sedangkan 24,4 persen sisanya cerai talak (diajukan pihak suami).

Dari data tersebut, diketahui bahwa kasus perceraian banyak dialami oleh rentang usia muda. Tak hanya itu, ada pula beberapa kota di Jawa Barat yang diketahui memiliki kasus perceraian terbanyak.

Lantas, mana saja kota penghasil janda muda terbanyak di Jawa Barat? Simak rangkuman berikut ini, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Indramayu

Pada 2021, tercatat sekira 12.000 pasangan suami istri resmi bercerai di Indramayu. Mirisnya, rata-rata didominasi oleh pasangan suami istri muda yang memilih mengakhiri pernikahan.

Penyebab utama tingginya angka perceraian di kota ini adalah pernikahan usia dini. Akibatnya, hubungan pernikahan tersebut, yang notabene masih berusia muda, tak mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut