get app
inews
Aa Read Next : Pascalebaran, Harga Minyak Goreng Curah di Pelosok Tasikmalaya Masih Tinggi Rp20 Ribu per Kg

Pria Garut Tipu Puluhan Pembeli Minyak Goreng Lintas Daerah, Total Kerugian Korban Rp1,9 Miliar

Selasa, 12 Juli 2022 | 21:36 WIB
header img
Pria Garut Tipu Puluhan Pembeli Minyak Goreng Lintas Daerah, Total Kerugian Korban Rp1,9 Miliar. (Foto: Fani Ferdiansyah)

GARUT,iNewsTasikmalaya.id – Pria Garut berinisial NW (31) ditangkap polisi lantaran ulahnya menipu puluhan pembeli minyak goreng. Korban pria warga Limbangan yang berdomisili di Pameungpeung, Kabupaten Garut tersebut dari berbagai daerah di Jawa Barat (Jabar).

Pelaku ditangkap di daerah Depok. Atas ulahnya tersebut membuat para korban menderita hingga Rp1,9 miliar..

"Dari pengakuannya, pelaku berada di sana (Depok) untuk mencari kerja agar bisa mengembalikan kerugian yang diderita para korban. Namun, uang pengembalian itu tak kunjung diterima para korban, hingga akhirnya kami putuskan untuk menangkap pelaku," kata AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Mapolres Garut, Selasa (12/7/2022).

Kapolres Garut menuturkan, modus pelaku yakni menjual minyak goreng di bawah harga pasar. Aksi pelaku berlangsungn dalam kurun waktu pertengahan Maret hingga Juni 2022 lalu.

"Misalnya harga minyak goreng di pasaran itu 300, pelaku menjual 200, di bawah harga pasar. Para korban yang berasal dari Garut, Bandung, dan sejumlah daerah di Jabar pun tergiur dan tertarik membeli karena harga ditawarkan sangat murah, mengingat pada Maret itu harga minyak goreng sangat mahal," ujarnya.

Menurut AKBP Wirdahanto Hadicaksono, penjualan minyak goreng dilakukan pelaku melalui sistem chat order via aplikasi WhatsApp dan pembayaran transfer. Mulanya, para korban berhasil melakukan pembelian minyak dalam jumlah kecil.

"Namun saat para korban membeli dalam partai besar, barang yang dipesan ternyata tak kunjung datang. Lalu jumlah korban yang mengalami hal ini bukan satu atau dua orang, tapi banyak," ucapnya.

Lanjut Kapolres Garut, para korban pun kemudian melakukan pelaporan terkait aksi pelaku ke Polres Garut. Sedikitnya ada 20 orang telah menjadi korban di kasus tersebut.

"Kami masih membuka laporan warga barang kali masih ada korban yang lain. Ke-20 korban yang menderita kerugian ini totalnya mencapai Rp1,9 miliar," imbuhnya.

Kerugian yang dialami masing-masing korban bervariasi. "Dari Rp50 juta sampai Rp300 juta," ucap Kapolres Garut.

Aksi NW melakukan penipuan ini tidak lain karena ia ingin mendapatkan keuntungan pribadi, dengan memanfaatkan momen tingginya harga minyak goreng. Kepada petugas, NW mengaku mendapatkan minyak dari distributor di wilayah Tasikmalaya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut