get app
inews
Aa
Read Next : Viral Oknum Polisi Tembak 2 Debt Collector di Palembang, Pelaku Masih dalam Pengejaran

Arkeolog Asing Sebut Pulau Emas Kerajaan Sriwijaya Telah Ditemukan di Sungai Musi Palembang 

Minggu, 24 Oktober 2021 | 12:21 WIB
header img
Penemuan harta karun di sepanjang Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, diduga bagian dari situs Pulau Emas Kerajaan Sriwijaya. (Foto: Courtesy of Wreckwatch Magazine)

JAKARTA, iNews.id - Penemuan harta karun bernilai jutaan poundsterling atau miliaran rupiah dalam lima tahun terakhir di sepanjang Sungai Musi, Palembang, membuat media asing berspekulasi bahwa situs temuan itu kemungkinan adalah situs Suwarnadwipa atau Pulau Emas Kerajaan Sriwijaya yang menjadi dongeng di kalangan rakyat Indonesia.

Menurut sejarahnya, Kerajaan Sriwijaya di Sumatera eksis pada abad ke-14. Penemu harta karun adalah para kru nelayan lokal yang melakukan penyelaman malam hari di Sungai Musi, Palembang.

Beberapa laporan media asing, termasuk The Guardian, pada Sabtu (23/10/2021) menyebutkan, harta karun yang ditemukan luar biasa. Itu termasuk patung Buddha abad ke-8 yang bertatahkan permata bernilai jutaan poundsterling dan permata yang layak untuk seorang raja.

Dr Sean Kingsley, seorang arkeolog maritim Inggris, mengatakan: “Dalam lima tahun terakhir, hal-hal luar biasa telah muncul. Koin dari semua periode, patung emas dan Buddha, permata, segala macam hal yang mungkin Anda baca di Sinbad the Sailor dan mengira itu dibuat-buat. Itu benar-benar nyata.”

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut