Ribuan Anggota Pramuka Meriahkan HUT Pramuka ke-63 di Jawa Barat di Lokasana Ciamis

Febrian Valen
Ribuan Anggota Pramuka Meriahkan HUT Pramuka ke-63 di Jawa Barat di Lokasana Ciamis. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Febrian Valen

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Ribuan anggota Pramuka dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat memadati Taman Lokasana, Ciamis, untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-63 pada Sabtu (31/8/2024).

Acara ini menjadi ajang berkumpulnya para Pramuka yang penuh semangat, menampilkan berbagai kegiatan yang menggambarkan nilai-nilai kebangsaan dan budaya.

Peringatan HUT Pramuka kali ini dimeriahkan dengan beragam penampilan, termasuk aksi koloni senapan dari Saka Wirakartika Kodim 0613 Ciamis, pertunjukan seni tradisional seperti dongkur dan kolotik, serta gelaran kolosal "medar kaulinan" yang dibawakan oleh sakola motekar. 

Setiap kegiatan yang ditampilkan tidak hanya menarik, tetapi juga sarat dengan makna kebangsaan dan kebersamaan.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso, dalam sambutannya menekankan bahwa Pramuka adalah sosok yang mencerminkan Insan Pancasila, yang setia mengamalkan Trisatya dan Dasa Dharma. 

"Sejak berdirinya pada tahun 1961, Pramuka telah ditetapkan sebagai wadah pemersatu bangsa. Bahkan sebelum itu, Pramuka sudah terlibat dalam perjuangan membela negara, bersama TNI dan Polri sebagai salah satu dari tiga pilar kebangsaan," ujar Budi.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network