Produk UMKM Kota Banjar Kini Tersedia di Toko Modern, Dinas KUKMP: Potensi Pasar Ekspor

Budiana Martin
Produk UMKM Kota Banjar Kini Tersedia di Toko Modern, Dinas KUKMP: Potensi Pasar Ekspor. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Banjar terus berinovasi agar produknya dapat diterima disemua pasar, tidak terkecuali di toko modern

Buah dari kreativitas dan inovasi yang dilakukan para pelaku UMKM pun membuahkan hasil. Salah satunya produk UMKM Kota Banjar tersedia di toko-toko modern, seperti Toserba Yogya. 

Sedikitnya ada 12 produk UMKM Kota Banjar sudah tersedia di toko modern. Keberadaan produk UMKM Kota Banjar di toko modern tersebut merupakan bahagia dari komitmen pemerintah daerah dalam memajukan produk-produk lokal UMKM di Kota Banjar. 

"Kami sangat bangga bahwa 12 produk UMKM Kota Banjar kini sudah ditemukan di Toserba Yogya Banjar," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskukmp) Kota Banjar, melalui Kepala Bidang UMKM, Ina Rosdinar Suhlya, pada Rabu (14/8/2024).

Menurut Ina, produk-produk yang masuk ke toko modern telah memenuhi berbagai kriteria kelayakan, termasuk legalitas dan kelengkapan kemasan sesuai peraturan yang berlaku, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), izin edar Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan sertifikasi halal.

"Legalitas dan kelengkapan kemasan sangat penting. Dengan persyaratan ini, produk-produk UMKM dapat bersaing di pasar modern dan berpotensi menembus pasar ekspor," jelas Ina.

Ina menambahkan, bahwa program pemerintah, seperti UMKM Juara dan UMKM Naik Kelas, telah berhasil membawa 100 UMKM ke tingkat yang lebih tinggi, dengan target utama memasarkan produk mereka di toko modern dan bahkan di pasar internasional.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network