"Pada saat itu, aplikasi pajak mengalami gangguan teknis karena IP address servernya tidak bisa diakses dari luar akibat proses filtering firewall pada router internal yang menyebabkan web server tidak dapat diakses," jelasnya.
Saat ini, tim teknisi telah memperbaiki masalah tersebut. Tim tersebut terdiri dari teknisi internal (dari BPKPD dibantu oleh teknisi Diskominfo) dan teknisi eksternal (dari 7 Sky Net).
"Teknisi eksternal bertanggung jawab terhadap jaringan backbone, ONT/modem, hingga router provider. Sedangkan teknisi internal bertugas memetakan topologi internal," tambahnya.
Dalam konteks ini, 7 Sky Net, sebagai penyedia jasa sentralisasi jaringan internet di Kota Banjar, memiliki 82 titik, di mana 8 di antaranya menggunakan layanan Biznet karena belum memiliki infrastruktur di daerah tersebut.
"Terkait kutipan saya yang telah terbit di beberapa media online Jawa Barat, saya memohon maaf kepada pihak Operator ISP (dalam hal ini, BIZNET) yang namanya terkutip," ucapnya.
"Dengan demikian, kami memohon maaf kepada semua pihak yang terkait, termasuk seluruh perangkat daerah, puskesmas, desa, dan kelurahan di Kota Banjar atas kendala-kendala yang muncul selama masa transisi layanan internet ini," pungkasnya.
Editor : Asep Juhariyono
Artikel Terkait