Kapolres Ciamis Ingatkan Pentingnya Pencegahan Gangguan Kamtibmas Selama Pemilu 2024

Andri M Dani
Kapolres Ciamis Ingatkan Pentingnya Pencegahan Gangguan Kamtibmas Selama Pencoblosan dan Perhitungan Suara. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Semua tahapan pemilu rentan terhadap gangguan dan sengketa, terutama pada hari H pencoblosan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024.

Untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama tahapan tersebut, Polres Ciamis telah menyiapkan nomor khusus layanan publik (hotline) 081110502001.

"Siapapun dapat melaporkan atau menyampaikan informasi terkait gangguan kamtibmas melalui nomor khusus ini. Ini tidak hanya terkait dengan pemilu, tetapi juga mencakup gangguan keamanan umum," ungkap Kapolres Ciamis AKBP Akmal SH SIK MH saat berbicara di hadapan rakor Pengelolaan Logistik Pemilu tahun 2024 di Aula Disdik Ciamis pada Selasa (6/2/2024).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi SIP MI Pol, Asda 1 Pemkab Ciamis Dr H Wasdi Ijudin MSi, komisioner KPU Ciamis, dan seluruh anggota PPK dari 27 kecamatan se-Ciamis.

Kapolres AKBP Akmal berharap nomor layanan khusus ini dapat disebarluaskan hingga ke tingkat PPS dan KPPS sehingga setiap ancaman gangguan kamtibmas selama tahapan pemilu dapat direspons dan ditindaklanjuti dengan cepat, khususnya pada hari pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang, tidak hanya di TPS.

"Jika informasi disampaikan dengan cepat, kami akan merespons dan menindaklanjuti dengan cepat pula. Ini berkaitan khusus dengan ancaman kamtibmas, bukan hal teknis," tambahnya.

Berkaitan dengan pendistribusian logistik pemilu, Kapolres AKBP Akmal menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan patroli logistik dari 3 gudang KPU hingga ke tingkat PPK, bahkan akan sampai ke tingkat PPS.

"Kami akan terus melakukan patroli dan memastikan pendistribusian logistik pemilu," katanya.

Untuk pengamanan Pileg dan Pilpres 2024, AKBP Akmal menyatakan bahwa Polres Ciamis telah mengerahkan 700 anggota untuk mengamankan pemilu baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Kami juga akan menerima BKO dari Brimob Polda Jabar. Detailnya akan diumumkan mendekati hari H Pemilu," ungkap AKBP Akmal.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network