Jalur Alternatif Jahim, Solusi Perpendek Jarak dan Waktu Tempuh Tasikmalaya-Cirebon

Firman Suryaman
Jalur Alternatif Jahim, Solusi Perpendek Jarak dan Waktu Tempuh Tasikmalaya-Cirebon. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Firman Suryaman

"Kalau kondisi jalan dari arah Ciamis sampai Puncak Jahim relatif bagus. Namun memasuki wilayah Majalengka kondisi jalan menyempit, sehingga kalau berpapasan dua mobil harus hati-hati," ungkap Engkos (47), pemilik warung di Rest Area Puncak Jahim, saat ditemui, Jumat (10/11/2023).

Jalan Jahim di wilayah Majalengka juga banyak jebakan di tepi jalan. Hal itu terjadi jika berpapasan dengan kendaraan lain kemudian terperosok karena kurang hati-hati.

"Kalau sudah terperosok ke luar tepi badan jalan beton, harus diangkat secara gotong-royong. Kondisi ini biasanya terjadi jika yang berpapasan kendaraan lebar," papar Engkos.

Namun begitu, lanjut Engkos, kendaraan yang melintas Puncak Jahim tergolong ramai. Terutama kendaraan roda empat berbodi ramping.

"Kalau sekelas Avanza dan sejenisnya nyaman walau saat berpapasan. Daya tarik jalan ini karena memotong jalan hingga 30 km selain karena alamnya yang indah," imbuh Engkos.

Warga pun mesti berhati-hati karena tak sedikit truk tiga perempat sarat muatan melintasi jalur Puncak Jahim.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network