get app
inews
Aa Read Next : TMMD Imbangan Kodim 0612 Tasikmalaya di Girimukti Resmi Ditutup, Bangun Jalan Desa Sepanjang 4,5 Km

Jelang HUT ke 76 TNI, Kodim 0612 Tasikmalaya Bersama Forkopimda Gelar Ziarah Nasional ke Taman Makam

Senin, 04 Oktober 2021 | 14:19 WIB
header img
Jelang HUT ke 76 TNI, Kodim 0612 Tasikmalaya Bersama Forkopimda Gelar Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan Kusumah Bangsa. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

Jelang HUT ke 76 TNI, Kodim 0612 Tasikmalaya Bersama Forkopimda Gelar Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan Kusumah Bangsa

TASIKMALAYA, iNews.id – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2021, Komando Distrik Militer (Kodim) 0612 Tasikmalaya melaksanakan ziarah kubur ke makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumah Bangsa Tasikmalaya, Senin (4/10/2021). 

Ziarah ke taman makam pahlawan ini untuk mendoakan arwah-arwah para pejuang dalam memperjuangkan merebut kemerdekaan Negar Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari tangan penjajahan. 

Ziarah ke makam pahlawan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalang rangka menyambut HUT ke 76 TNI. 

Wali Kota Tasikmalaya yang turut hadir dalam kegiatan ziarah nasional ke taman makam pahlawan mengatakan, NKRI ini harus dijaga oleh seluruh bangsa Indonesia. TNI sebagai aparat penjaga kedaulatan NKRI harus didukung penuh oleh lapisan masyarakat. 

“Kita sebagai pemerintah tentunya hanya melanjutkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan dengan mengisi pembangunan,” ujar Yusuf, Senin (4/10/2021). 

“Insya Allah TNI ini solid. Mudah-mudahan TNI ini mampu meneruskan perjuangan para orang tua kita yang sudah gugur membela negara,” sambungnya. 

Menurutnya, perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan harus diteruskan oleh genarasi muda. Kemerdekaan harus diisi dengan nilai-nilai kebaikan dan prestasi sehingga NKRI tetap kokoh. 

“Saya harap baik TNI maupun Polri semakin solid dengan pemerintah dalam mengisi pembangunan ke depan,” kata dia. 

Usai pelaksanaan apel ziarah nasional, seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan tabur buka dan berdoa di TMP Kusumah Bangsa Tasikmalaya.

Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno yang juga mrupakan Dansub Gartab 0612 Tasikmalaya mengatakan, rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-76 TNI kali ini pihaknya telah melakukan bakti sosial ke panti jompo, panti asuhan, serta donor darah yang melibatkan anggota TNI, Polri, FKPPI, dan PPM. 

"Kita serahkan bantuan 100 paket sembako ke panti jompo, setengah ton beras beserta masker ke panti asuhan anak, serta donor darah sebanyak 304 pendonor," ujar Ary Sutrisno.

Ary berharap di ulang tahun ke-76 ini, kedepan TNI bisa lebih profesional, dekat dengan masyarakat terutama dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Puncak HUT ke-76 TNI akan dilakukan upacara dan syukuran secara virtual di Makodim, selasa (5/10/2021).

"Syukurannya besok di makodim, datang ya kang," kata Ary.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut