Logo Network
Network

Kronologi Angkot Terbakar di Tasikmalaya, Penumpang Loncat dari Mobil Selamatkan Diri

Asep Juhariyono
.
Minggu, 26 September 2021 | 19:52 WIB
Kronologi Angkot Terbakar di Tasikmalaya, Penumpang Loncat dari Mobil Selamatkan Diri
Angkot di Tasikmalaya terbakar (ist)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebuah angkutan kota (angkota) 018 jurusan Indihiang - Pasar Cikurubuk terguling dan terbakar di Jalan Sukamaju, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (25/9/2021). 

Dalam kecelakaan tunggal tersebut mengakibatkan sopir meninggal dan 3 penumpang luka-luka. Sopir angkot Nana Hadna (54) warga Kecamatan Mangkubumi meninggal di lokasi kejadian. 

Kanit Laka Lantas Polres Tasikmalaya Kota Ipda Zezen Zaenal Mutaqin mengatakan, kronologis kecelakaan tersebut berawal saat mobil angkot yang melaju dari arah Timur (Tejakalapa) menuju arah Barat (Sukamaju) menapaki turunan yang curam dan sopir tidak dapat mengendalikan kendaraannya. 

“Sebelum terguling dan terbakar, angkot menabrak dulu pohon yang ada di sebelah kiri jalan. Mobil kemudian terguling beberapa kali dan akhirnya terbakar,” ujar Zezen. 

Dikatakan Zezen, para penumpang angkota yang mengalami kecelakaan tunggal tersebut keluar sebelum mobil terbakar. Sopir berikut 3 penumpang tidak sampai terbakar, tapi sopirnya meninggal di sekitar lokasi kejadian. 

“Kecelakaan ini diduga sopir belum mengetahui medan jalan ke Sukamaju. Jalannya memang beraspal, tapi memiliki turunan dan tanjakan yang curam. Pada saat kejadian kondisi jalan memang basah karena sebelumnya turun hujan,” kata dia. 

Ia menuturkan, semua korban kecelakaan dievakuasi warga dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. “Dua korban sudah bisa pulang ke rumahnya masing-masing karena hanya mengalami luka ringan,” ucapnya. 

Angkot meledak sebelum terbakar

Salah seorang penumpang angkot yang terguling dan terbakar, Taswiah (55) mengatakan, ia bersama 2 penumpang lainnya bernama Ade Mulyadi (45) dan Jojo (40) merupakan warga Kampung Sukamaju, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. 

Taswiah menyebut, dirinya pulang belanja dari Pasar Cikurubuk bersama penumpang lainnya yang sama-sama berprofesi sebagai pedagang. 

“Mobil jalan gak normal saat menurun. Tiba-tiba langsung nyelonong dan oleng. Saya loncat dari mobil,” ujar Taswiah di rumahnya. 

Ia menjelaskan, Mulyadi dan Jojo juga meloncat dari angkot. Namun, sopir tidak ikut turun masih berada di belakang kemudi. Angkot dengan warna Putih Ungu tersebut menabrak pohon di samping kiri jalan dan terbalik ke kanan jalan. 

“Sebelum terbakar mobil meledak. Setelah itu baru api membakar mobil,” kata dia. 

Taswiah bersama 2 penumpang lainnya sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Kota Tasikmalaya. Namun, karena kondisinya yang tidak begitu parah sehingga ia diizinkan untuk pulang dan menjalani perawatan di rumah.
 
“Kondisi saya mendingan,” kata dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.