get app
inews
Aa Read Next : Hujan Deras, Sejumlah Rumah dan Puksesmas hingga Jalan di Kota Tasikmalaya Terendam Banjir

Banjir Rendam RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Ini Penjelasan Manajemen Rumah Sakit

Jum'at, 15 April 2022 | 21:38 WIB
header img
Banjir Rendam RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Ini Penjelasan Manajemen Rumah Sakit. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Banjir melanda Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Jumat (15/4/2022). Ketinggian air yang merendam beberapa ruang perawatan pasien mencapai ketinggian lutut orang dewasa atau sekitar setengah meter.

Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, dr Titie Purwaningsarii mengatakan, banjir ini sudah mulai terjadi sejak 3 tahun yang lalu. Namun, untuk persisnya ia mengaku kurang begitu mengatahui.

“Sebetulnya banjirnya itu kalau hujan besar, air datangnya mendadak besar tapi surutnya juga cepat. Memang secara layanan pasti terganggu dan ada beberapa alat penting mungkin terkena dampaknya,” ujar Titie.

Ia menduga, penyebab banjir lantaran ada tambahan pembangunan gedung baru yang mungkin gorong-gorong atau resapan airnya kurang besar atau pas atau juga kurang luas.

“Salah satu pekerjaan rumah yang besar dari RSUD dr soekardjo itu (banjir),” kata dia.

Menurut Titie, sejauh ini upaya untuk evakuasi pasien di ruang yang terdampak banjir belum perlu dilakukan karena air banjir sudah surut.  

“Untuk mengatasinya kita sudah menurunkan tim teknis untuk mengecek seluruh gorong-gorong sudah dibersihkan. Petugas kebersihan pun sudah diturunkan untuk membersihkan ruangan yang terkena banjir,” ucapnya.

“Insyaallah tidak perlu dievakuasi kecuali memang hujannya berhar-hari. Tetapi itu juga belum memungkinkan untuk dievakuasi karena kriteria ada tersendiri,” sambung dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut