get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Babak 16 Besar Liga 3 Nasional 2023/2024, PSGC Ciamis Siap Tempur di Grup B

“Mieling Ngadegna Galuh” Spirit Rasa Hormat Karuhun Ciamis

Kamis, 24 Maret 2022 | 12:23 WIB
header img
“Mieling Ngadegna Galuh” Spirit Rasa Hormat Karuhun Ciamis. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Acep Muslim)

CIAMIS,iNewsTasikmalaya.id - Perayaan hari berdirinya kerajaan Galuh atau Mieling Ngadegna Galuh yang ke 1410 tahun, digelar masyarakat Kabupaten Ciamis di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Rabu (23/03/2022).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, beserta unsur Forkopimda, para tokoh adat dan tokoh budaya, serta diikuti Ketua Umum Forum Silaturrahmi keraton Nusantara (FSKN) Dr. A. A. Maparessa M.M, M.Si dan wawakil Kerajaan Galuh Rd. H. Hanif Rasich Radinal beserta keluarga.

Perayaan Mieling Ngadegna Galuh tersebut merupakan yang ke 6 (enam) kalinya dilaksanakan. Tahun ini panitia mengusung tema "Purwacarita Patimuan Kamulyaan".

"Kami atas nama pemerintah daerah pada kesempatan ini memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis karena telah memelihara, melestarikan kebudayaan leluhur," ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Herdiat mengatakan, masyarakat Kabupaten Ciamis pada umumnya sangat bangga dan menghormati dengan sejarah para karuhun atau pendahulu kerajaan Galuh.

"Kita masyarakat Ciamis sudah sepatutnya bangga kepada para pendahulu kita yang telah membawa Galuh pada kejayaan dan keemasan pada masanya," kata dia.

Ia menuturkan, sejarah kejayaan Galuh di masa lalu selalu menjadi motivasi bagi dirinya dan seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Ciamis untuk meraih kembali kejayaan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut