get app
inews
Aa Text
Read Next : Senam Prolanis di Desa Dewasari Ciamis, Upaya Bersama Menuju Hidup Lebih Sehat

BPJS Kesehatan Tasikmalaya Pastikan Layanan Tetap Berjalan Selama Libur Lebaran 2025

Rabu, 19 Maret 2025 | 17:30 WIB
header img
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tasikmalaya Kgs. Hamdani didampingi Kabag SDM, Rijal, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - BPJS Kesehatan menegaskan komitmennya untuk memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap dapat mengakses layanan kesehatan dan administrasi selama libur Lebaran 2025. Langkah ini diambil guna mengantisipasi potensi kendala dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di masa liburan. 

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, melalui Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tasikmalaya, Kgs. Hamdani, mengatakan bahwa BPJS Kesehatan menerapkan piket layanan di kantor cabang serta tetap mengaktifkan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA).  

Jadwal pelayanan di kantor cabang akan berlangsung pada 28 Maret, 2, 3, 4, dan 7 April 2025, mulai pukul 08.00-12.00 waktu setempat. 

Sementara itu, layanan PANDAWA tetap beroperasi 24 jam untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi, layanan administrasi, hingga pengaduan.  

Selain itu, peserta juga dapat mengakses layanan digital melalui aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, BPJS SATU, dan Website resmi BPJS Kesehatan. 

Ghufron menegaskan bahwa dengan prinsip portabilitas, peserta JKN dapat memperoleh pelayanan kesehatan di mana saja, tanpa harus di fasilitas kesehatan (faskes) tempat mereka terdaftar. Hal ini sangat bermanfaat bagi peserta yang melakukan mudik Lebaran, karena tetap bisa berobat di faskes lain jika dibutuhkan.

"Apabila peserta dalam kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan tanpa terkecuali," tegasnya. 

Ia menambahkan bahwa pasien gawat darurat peserta JKN tetap dijamin sesuai ketentuan yang berlaku. Jika peserta mengalami kendala dalam pelayanan di rumah sakit, mereka dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP). 

BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) di rumah sakit untuk mempermudah peserta dalam mengakses informasi pelayanan.

Bagi peserta yang menjalani Program Rujuk Balik (PRB), pengambilan obat tetap mengikuti kebijakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Jika jadwal pengambilan jatuh pada libur Lebaran, peserta bisa mengambil obat lebih awal, maksimal tujuh hari sebelum stok obat habis. 

Namun, status kepesertaan JKN harus aktif. Jika terdapat tunggakan iuran, peserta diharapkan segera melunasi atau bisa memanfaatkan Program New Rencana Iuran Bertahap (REHAB) 2.0 melalui aplikasi Mobile JKN.

BPJS Kesehatan juga telah mendirikan Posko Mudik di tujuh titik strategis serta satu posko arus balik untuk membantu peserta yang membutuhkan layanan kesehatan saat perjalanan mudik.  

Lokasi Posko Mudik BPJS Kesehatan:  

1. Terminal Pulo Gebang, Jakarta 

2. Rest Area Tol Ungaran Km 429 

3. Terminal Purabaya, Sidoarjo 

4. Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar 

5. Pelabuhan Merak, Banten  

6. Rest Area Tol Cipularang Km 88A, Purwakarta 

7. Rest Area Tol Cipali Km 166A, Majalengka  

8. Posko Arus Balik: Rest Area Tol Cipali Km 164B, Majalengka  

"Kami berharap seluruh mitra fasilitas kesehatan juga berkomitmen dalam memberikan pelayanan optimal bagi peserta JKN, termasuk mereka yang sedang mudik," ungkapnya. 

Dengan berbagai langkah ini, BPJS Kesehatan memastikan peserta tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah dan optimal selama libur Lebaran 2025.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut