get app
inews
Aa Read Next : Polres Ciamis Limpahkan Kasus Judi Online Rp356 Miliar ke Kejaksaan

Rumah Warga di Cipaku Ciamis Terancam Ambruk, Halaman Ambles Terbawa Longsor

Kamis, 12 September 2024 | 13:21 WIB
header img
Rumah Warga di Cipaku Ciamis Terancam Ambruk, Halaman Ambles Terbawa Longsor. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Sebuah rumah permanen yang dihuni oleh Megi Sudrajat dan keluarganya di Dusun Buniasih, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, terancam ambruk setelah halaman rumahnya ambles akibat longsor. 

Longsor terjadi setelah hujan lebat pada Kamis (12/9/2024) dini hari sekira pukul 01.15 WIB.

Menurut laporan Kasi Pemerintahan Desa Muktisari, Anang Mulyana, halaman rumah tersebut tergerus longsoran tebing yang berada tepat di bawahnya. 

Kini, bagian yang ambles hanya berjarak sekitar 50 cm dari pondasi rumah, sehingga rumah tersebut dalam kondisi sangat berbahaya.

"Kami khawatir akan terjadi longsor susulan mengingat kondisi cuaca yang masih sering hujan deras. Hal ini dapat mengancam keselamatan penghuni rumah," ujar Anang.

Kepala Pelaksana BPBD Ciamis, Ani Supiani, menyatakan bahwa setelah kejadian tersebut, warga bersama aparat desa telah bergotong-royong pada Kamis pagi untuk membersihkan puing-puing longsoran. 

Namun, langkah darurat masih sangat dibutuhkan untuk mencegah bencana yang lebih besar.

"Diperlukan terpal untuk menutup area longsoran agar tidak terkena hujan yang dapat memicu longsor susulan. Selain itu, banyak karung bekas diperlukan untuk membuat tanggul darurat guna melindungi rumah dari ancaman longsor lebih lanjut," jelas Ani.

Warga setempat dan aparat desa terus berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar rumah tersebut tidak mengalami kerusakan lebih parah akibat longsor.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut