get app
inews
Aa Read Next : Ivan Dicksan Sowan ke Ponpes Riyadlul Ulum Wadda'wah Condong Tasikmalaya, Minta Doa Restu Ulama

Kisah Mak Jenab: Lansia yang Tinggal di Rumah Panggung Reyot dan Jarang Terima Bantuan Pemerintah

Rabu, 11 September 2024 | 18:46 WIB
header img
Kisah Mak Jenab: Lansia yang Tinggal di Rumah Panggung Reyot dan Jarang Terima Bantuan Pemerintah. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idMak Jenab, seorang lansia berusia 80 tahun, hidup dalam kondisi yang memprihatinkan di sebuah rumah panggung sederhana di Kampung Babakan, Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya

Di usianya yang sudah senja, Mak Jenab menjalani hari-harinya sendirian, tinggal di rumah reyot yang sudah tidak layak huni.

Rumah panggung tua ini, yang berdindingkan bilik bambu dengan lapisan plastik untuk melindungi dari hujan dan angin, telah lama menjadi tempat tinggal Mak Jenab.

Meski memiliki dua orang anak yang semuanya telah berumah tangga, Mak Jenab memilih untuk tetap tinggal di rumah tersebut.

Ketika ditemui di kediamannya pada Rabu (11/9/2024) siang, Mak Jenab tampak duduk di pintu masuk rumahnya. Kepada wartawan, ia mengungkapkan bahwa meskipun pernah ditawari bantuan dari pemerintah untuk perbaikan rumah, ia menolaknya. 

Alasan penolakannya adalah karena bantuan yang ditawarkan hanya berupa material bangunan, sementara ia tidak memiliki dana untuk membayar pekerja yang akan merenovasi rumahnya.

"Pernah ditawarin bantuan bedah rumah, tapi itu bantuannya hanya berupa materialnya saja. Untuk bayar pekerjanya tidak ada, jadi saya tolak," kata Mak Jenab yang didampingi oleh anak keduanya, Idah.

Idah menambahkan bahwa ibunya tidak sering mendapatkan bantuan dari pemerintah, berbeda dengan warga lain yang secara rutin menerima bantuan setiap bulan.

"Bantuan juga tidak datang setiap bulan, karena kartunya juga tidak punya. Beda dengan warga lainnya yang selalu mendapatkan bantuan sembako atau lainnya setiap bulan. Paling dari RW sesekali ada sembako," ujar Idah.

Idah berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya lebih proaktif dalam memeriksa kondisi warga di pelosok wilayah, untuk memastikan bahwa semua masyarakat benar-benar mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

"Mudah-mudahan ini menjadi perhatian pemerintah, agar mereka benar-benar mendata mana masyarakat yang benar-benar perlu dibantu," tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut