get app
inews
Aa Read Next : Disdukcapil Ciamis Jemput Bola Perekaman E-KTP Warga Penyandang Disabilitas

2 Hektar Kebun Jati di Pasir Ipis Ciamis Hangus Terbakar

Sabtu, 07 September 2024 | 21:51 WIB
header img
2 Hektar Kebun Jati di Pasir Ipis Ciamis Hangus Terbakar. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Kebakaran lahan kembali melanda wilayah Ciamis, kali ini dua hektar kebun jati di Dusun Pasir Ipis, RT 11 RW 03, Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, menjadi korban amukan si jago merah pada Jumat (6/9/2024) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Menurut dugaan awal, kebakaran ini bermula dari pembakaran sampah yang dilakukan setelah membersihkan lahan. Api dari pembakaran tersebut diduga tidak dipadamkan dengan benar, sehingga merembet dan membakar kebun jati milik warga.

Heru Sutanjari (37), seorang warga Dusun Pasir Ipis RT 07 RW 02 yang juga merupakan aparat Desa Sindangrasa, menjadi saksi pertama kebakaran ini. 

Saat sedang dalam perjalanan dari Pasir Ipis menuju Banjarsari dengan sepeda motor, Heru melihat api yang mulai melahap kebun jati di sekitar lokasi tersebut.

Menyadari potensi bahaya jika api terus menjalar, terutama ke arah permukiman warga, Heru segera menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar) di Pos Damkar WMK Banjarsari untuk meminta bantuan.

"Karena akses ke lokasi sangat sulit dijangkau oleh kendaraan besar, dua petugas damkar dari Pos WMK Banjarsari, yakni Rizki dan Uju, harus mendatangi lokasi dengan menggunakan sepeda motor," jelas Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis,Fery Rochwandi, pada Sabtu (7/9/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut