get app
inews
Aa Read Next : Mayat Perempuan Warga Ciamis yang Ditemukan di Citanduy Tasikmalaya Dibawa ke RS Sartika Asih

Viral! Pengendara Motor Geber Knalpot Bising Depan Barisan Polwan di Mapolres Tasikmalaya Kota

Jum'at, 06 September 2024 | 07:33 WIB
header img
Viral! Pengendara Motor Geber Knalpot Bising Depan Barisan Polwan di Mapolres Tasikmalaya Kota. Foto: Tangkapan Layar

Banyak netizen memberikan tanggapan, baik kritik maupun dukungan. "Sumpah kesel.. sopankah begitu anak muda? Itu yang kamu asepin perempuan lo bukaan patung," tulis @windiwe2r. "Sabar pak ini ujian," tulis @zenal528. "Nu kieu nu berilmu dan beretika teh," tulis @mtaufik.27.

Unjuk rasa tersebut diikuti oleh ratusan anggota PMII se-Priangan Timur yang memprotes dugaan tindakan represif aparat keamanan dalam aksi di depan Gedung DPRD Kota Tasikmalaya pada Selasa (3/9/2024). 

Massa yang mengenakan almamater biru PMII secara bergantian berorasi dan menuntut agar pihak kepolisian yang melakukan pelanggaran diberikan sanksi tegas. Mereka juga meminta Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono, untuk menemui dan berdialog dengan mereka.

Menanggapi tuntutan tersebut, AKBP Joko Sulistiono menemui para demonstran dan duduk bersama mereka di depan Mapolres. Dalam dialog tersebut, Kapolres menyampaikan permohonan maaf atas tindakan berlebihan yang dilakukan anggotanya saat pengamanan aksi. 

Ia menegaskan bahwa personel yang melanggar telah ditindak tegas dan saat ini ditempatkan di Polda Jabar untuk menjalani proses disiplin lebih lanjut.

"Tindakan tegas telah diambil terhadap personel yang melakukan pelanggaran. Mereka sekarang berada di Polda Jabar dan akan menjalani tindakan disiplin lainnya," jelas AKBP Joko.

Ia juga membuka ruang bagi PMII untuk memantau proses disipliner tersebut serta menerima masukan dan kritik dari mereka untuk perbaikan pengamanan unjuk rasa ke depannya.

Koordinator Aksi PMII se-Priangan Timur, Agus Salim, menjelaskan bahwa aksi tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas tindakan represif yang dialami anggotanya pada aksi di DPRD Kota Tasikmalaya. 

Agus menyambut baik komitmen Kapolres, namun menegaskan bahwa jika tindakan represif terulang, mereka akan kembali turun ke jalan dengan jumlah massa yang lebih besar.

Aksi ini menekankan pentingnya dialog terbuka antara aparat kepolisian dan masyarakat, khususnya dalam menangani aksi-aksi protes mahasiswa secara damai dan transparan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut