get app
inews
Aa Read Next : PKS Siap All Out Menangkan Pilkada 2024 di Jawa Barat

Bawaslu Ciamis Launching Pemetaan Kerawanan untuk Pilkada 2024 yang Aman dan Demokratis

Selasa, 03 September 2024 | 18:57 WIB
header img
Bawaslu Ciamis Launching Pemetaan Kerawanan untuk Pilkada 2024 yang Aman dan Demokratis. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Febrian

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Dalam rangka memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Ciamis berjalan dengan lancar dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, Bawaslu Kabupaten Ciamis mengadakan pemetaan potensi kerawanan. Acara tersebut berlangsung di aula Hotel Tyara pada Selasa, 3 September 2024.

Ketua Bawaslu Ciamis, Jajang Miftahudin, menegaskan pentingnya langkah pencegahan dini terhadap segala bentuk kerawanan yang dapat mengganggu proses demokrasi di wilayahnya. 

"Kami berkomitmen untuk menjaga agar kekhawatiran terkait potensi kerawanan di Kabupaten Ciamis tidak menjadi kenyataan. Ini adalah tugas besar yang memerlukan sinergi semua pihak untuk menjaga kondusivitas selama Pilkada," ujar Jajang.

Dengan wilayah yang luas, Kabupaten Ciamis memerlukan kerjasama erat antara seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, KPU, dan masyarakat.

Jajang menekankan bahwa tanpa dukungan dari semua pihak, pelaksanaan Pilkada serentak akan menjadi tantangan yang sangat besar.

Wulan Sarifah, Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (PM2HM) Bawaslu Ciamis, mengungkapkan bahwa pemetaan kerawanan ini didasarkan pada data yang diperoleh dari Pemilu sebelumnya. 

"Melihat dari Pemilu sebelumnya, kampanye menjadi salah satu dimensi dengan potensi kerawanan tertinggi. Indikator seperti politik uang dan konflik selama kampanye masih menjadi tantangan yang harus diwaspadai," jelas Wulan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut