get app
inews
Aa Read Next : BBWS Citanduy: Impounding Bendungan Leuwikeris Tidak Akan Ganggu Pasokan Air Irigasi di Kota Banjar

Kandang Ayam Close House Bermunculan di Ciamis

Senin, 19 Agustus 2024 | 18:27 WIB
header img
Kandang Ayam Close House Bermunculan di Ciamis. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id — Dalam upaya modernisasi peternakan, kandang ayam jenis close house mulai bermunculan di Ciamis dalam lima tahun terakhir. Kandang ayam moderen ini memiliki kapasitas tampung hingga 42.000 bahkan mencapai 50.000 ekor DOC (day old chick). 

Menurut data dari Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, hingga pertengahan Agustus 2024, jumlah kandang close house di Ciamis telah mencapai 37 unit yang tersebar di 14 kecamatan dari total 27 kecamatan di wilayah tersebut. Ciamis pun menjadi salah satu daerah dengan jumlah kandang close house terbanyak di Priangan Timur.

"Totalnya ada 37 kandang close house yang tersebar di 14 kecamatan. Saat ini, satu lagi di Cisaga sedang dalam proses perizinan," ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis, Giyatno, Senin (19/8/2024).

Kandang close house merupakan inovasi peternakan berbasis teknologi dengan investasi yang cukup besar, mencapai miliaran rupiah. Kandang ini khusus digunakan untuk budidaya ayam pedaging jenis broiler (BR), dengan biaya produksi yang lebih rendah dan lebih efisien dibandingkan kandang tradisional.

Giyatno menjelaskan, Disnakan Ciamis hanya mengeluarkan rekomendasi teknis untuk pendirian kandang close house, sementara izin resmi diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT). 

"Kuota pendirian close house juga tergantung pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kecamatan setempat," tambahnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut