get app
inews
Aa Read Next : Polres Ciamis Limpahkan Kasus Judi Online Rp356 Miliar ke Kejaksaan

Mantan Pelaut hingga Finalis Moka Dilantik jadi Anggota DPRD Ciamis

Selasa, 06 Agustus 2024 | 11:49 WIB
header img
Mantan Pelaut hingga Finalis Moka Dilantik jadi Anggota DPRD Ciamis. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Sebanyak 50 anggota DPRD Ciamis terpilih dalam Pemilu Legislatif 2024 resmi dilantik pada rapat paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Ciamis, Senin (5/8/2024) siang. Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1B Ciamis, Rosnainah, berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 171.2/Kep.318-Pemotda/2024.

Pelantikan ini dihadiri oleh ribuan warga yang memadati gedung, termasuk keluarga, pendukung, tim sukses, dan tamu undangan. Hadir dalam acara tersebut Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna, unsur Forkopimda, Sekda Ciamis Andang Firman Triyadi, serta para kepala dinas, camat, kepala desa, dan perwakilan KPU serta Bawaslu Ciamis.

Acara pelantikan dipimpin oleh Ketua DPRD Ciamis periode 2019-2024, Nanang Permana, dan sempat mengalami penundaan selama sekitar 10 menit karena interupsi. Dalam rapat tersebut juga ditetapkan pimpinan sementara DPRD Ciamis untuk periode 2024-2029, yaitu H Oih Burhanudin dari Fraksi PDIP sebagai Ketua Sementara dan H Komar Hermawan dari F-PAN sebagai Wakil Ketua Sementara.

Dari 50 anggota DPRD Ciamis yang dilantik, terdapat 32 wajah lama dan 18 anggota baru. Di antara wajah lama, terdapat kakak beradik Agus Ruhimat (53) dan H Uus Jayusman S.Sos. Mereka, yang berasal dari Dusun Ciroyom, Desa Kiara Payung, Rancah, bertarung di dapil yang sama, yaitu Dapil Ciamis 4, yang meliputi Kecamatan Rajadesa, Rancah, Tambaksari, Sukadana, dan Cisaga.

Agus Ruhimat, mantan pelaut yang terpilih melalui Partai Gerindra, meraih 5.821 suara, sedangkan adiknya, Uus Jayusman dari Partai Golkar, yang merupakan mantan pengusaha konstruksi, memperoleh 5.936 suara. Agus Ruhimat dilantik untuk periode ketiganya sebagai anggota DPRD Ciamis, sedangkan Uus Jayusman memulai periode keduanya. Meski berasal dari dusun yang sama, mereka tinggal di RT yang berbeda; Agus di RT 06 RW 09 dan H Uus di RT 02 RW 10.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut