get app
inews
Aa Read Next : Acep Adang Ruhiat dan Gita KDI Incar Tasikmalaya sebagai Basis Suara Pilgub Jabar 2024

Khazanah Budaya Nusantara Tutup MPLS 2024 di SMAN 5 Kota Tasikmalaya

Jum'at, 19 Juli 2024 | 15:17 WIB
header img
Khazanah Budaya Nusantara Tutup MPLS 2024 di SMAN 5 Kota Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

"Diharapkan nantinya mereka akan belajar lebih nyaman, dan bisa mengeluarkan segala potensi yang ada. Sehingga, mereka berprestasi lagi di SMAN 5 ini, dan juga membawa SMA N 5 ini lebih dikenal, lebih terpublikasi, dan lebih juara," kata Dede yang didampingi Wakasek Kesiswaan Hj. Herni Marlina, S.Pd.

Dede menyebut, bahwa siswa baru untuk tahun ajaran 2024-2025 di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya berjumlah 432, terbagi menjadi 12 kelas dengan setiap kelas berisi 36 siswa.

Dede menambahkan bahwa sejumlah materi yang disampaikan dalam kegiatan MPLS meliputi Pengenalan Wawasan Wiyata Mandala, Cara Belajar Efektif, Pengenalan Kurikulum Merdeka, dan Profil Pelajar Pancasila. 

Selain itu, materi Sekolah Ramah Anak disampaikan untuk meminimalisir dan mencegah hal-hal negatif seperti bullying. Materi keagamaan dan pengenalan lagu Mars dan Himne Kampus 5 juga disampaikan kepada siswa baru.

"Sekolah Ramah Anak itu tidak hanya menerima siswa baru melalui tahap zonasi atau prestasi, tetapi juga melalui CB dengan intelektual di atas 125 yang disebut cerdas istimewa. Sekolah juga mengakomodir siswa dengan IQ di bawah 85 yang disebut inklusi. Sekolah ini mengakomodir siswa dengan slogan Sekolah Ramah Anak," jelas Dede.

Dede juga menyebutkan bahwa demo ekstrakurikuler ikut menyemarakkan kegiatan MPLS, dengan 16 ekstrakurikuler menampilkan kreativitasnya untuk merekrut anggota dari siswa baru. 

Ekstrakurikuler adalah salah satu wadah bagi siswa untuk menyalurkan minat dan bakat mereka. Salah satu ekstrakurikuler di SMA N 5 Tasikmalaya adalah SENTER, yang menampilkan Khazanah Budaya Nusantara sebagai penutup rangkaian MPLS 2024.

"Dengan adanya pengenalan ekstrakurikuler ini, saya berharap mereka akan tereksplor kemampuan dan bakatnya, sehingga mereka dapat mengikuti kegiatan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki," tandasnya. 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut