get app
inews
Aa Read Next : Inilah 10 Gejala Omicron XBB dan Pencegahannya, Anda Wajib Tahu

Bupati Ciamis Instruksikan Para Camat Gencarkan Edukasi Masyarakat Terkait Perkembangan Covid-19

Rabu, 23 Februari 2022 | 11:14 WIB
header img
Bupati Ciamis Instruksikan Para Camat Gencarkan Edukasi Masyarakat Terkait Perkembangan Covid-19 dan Prokes. (Foto: Ist)

CIAMIS, iNews.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menginstruksikan seluruh camat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Ciamis untuk gencar melakukan sosialisasi dan edukasi terkait perkembangan Covid-19 serta protokol kesehatan (prokes). 

Para camat diminta terus memberikan himbauan-himbauan kepada masyarakat soal terkait prokes karena saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis meningkat pesat. 

Dikatakan Herdiat, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan selama Februari 2022. 

Saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang tercatat sebanyak 273 orang dan 203 orang di antaranya masih aktif. Sementara itu, 68 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia. 

Hal tersebut diungkapkan Herdiat dalam rapat koordinasi penanggulangan Covid-19 bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Senin (21/2/2022).

“Para Camat agar segera mengambil langkah untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang perkembangan covid-19 di Kabupaten Ciamis. Selain itu juga edukasi terkait penerapan prokes harus ditekankan,” ujar Herdiat dalam keterangan resminya. 

Menurutnya, peningkatan kasus Covid-19 saat ini dikarenakan adanya penyebaran varian baru Covid-19 Omicron yang penularannya sangat cepat dibandingkan varian lainnya.

“Varian Omicron ini sangat cepat menyebar, namun cepat juga sembuhnya. Dikhawatirkan penyebarannya yang begitu cepat beberapa tenaga medis baik TNI, Polri dan masyarakat pun sudah banyak yang terkonfirmasi Covid-19,” kata Herdiat. 

Dalam hal vaksinasi, Herdiat mengatakan, progres pelaksanaan vaksinasi per-21 februari 2022, untuk sasaran umum telah mencapai sebanyak 998.028 jiwa. Sedangkan untuk dosis pertama sekitar 82,24 persen dan dosis ke 2 sekitar 53,20 persen. 

Sementara itu, dalam aturan terbaru penentuan level PPKM, indikator khusus dalam melakukan evaluasi level PPKM pada daerah di wilayah Jawa-Bali yaitu mengharuskan dosis 2 mencapai 60 persen untuk bisa bertahan di level 2.

Menanggapi capaian vaksinasi tersebut, Herdiat meminta para camat untuk terus mendorong pelaksanaan vaksinasi khususnya dosis 2 di Kabupaten Ciamis.

“Paling tidak dosis 2 mencapai 60 persen sampai akhir bulan Februari. Kita upayakan agar tidak kembali ke level 3,” ucapnya.

“Kita bisa meningkatkan persentase vaksinasi dosis 2 apabila sudah memadai untuk vaksinasi anak dan remaja/ Selanjutnya kita akan an menggenjot untuk dosis kedua karena dosis ini harus menunggu mengingat ada aturan jarak penerimaan vaksinasi,” sambungnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut